HMS Queen Elizabeth Jalani Pelayaran Perdana

Kapal perang paling canggih dan besar milik Inggris, HMS Queen Elizabeth, akhirnya melakukan pelayaran perdana. Kapal induk seberat 65 ribu ton itu meninggalkan galangan kapal di Rosyth, Skotlandia, pada Senin 26 Juni 2017 siang waktu setempat.

Kapal sepanjang 280 meter (m) itu harus ditarik oleh 11 kapal tugboat untuk bermanuver menuju Sungai Forth serta menunggu permukaan air sungai sedikit surut agar bisa melewati kolong jembatan. Kapal yang dibangun selama delapan tahun dengan biaya GBP6 miliar (setara Rp10 triliun) itu akan menjalani pelayaran percobaan di laut selama dua tahun ke depan.

“Tentu saja kapal itu sangat mahal, tetapi akan membawa kita dalam jajaran atas di seluruh negara-negara di dunia,” ujar Kapten Jerry Kyd, mengutip dari Reuters, Selasa (27/6/2017).

“Faktanya (HMS Queen Elizabeth) bukan hanya sebuah kapal biasa, tetapi bisa menjadi pangkalan laut, dapat melakukan berbagai fungsi dan misi apakah itu mendekat ke musuh dalam jarak jauh atau mendukung industri Inggris di luar negeri atau mungkin memberikan bantuan kemanusiaan atau bencana alam,” sambung Jerry Kyd.

Kapal HMS Queen Elizabeth diklaim mampu mencapai jarak tempuh hingga 800 kilometer (km) setiap harinya. Kapal tersebut merupakan bagian dari program Kementerian Pertahanan bersama dengan Kapal HMS Prince of Wales.

Navigator HMS Queen Elizabeth, Jez Brettell menyatakan, mengendalikan kapal dalam pelayaran perdana serupa dengan menyetir mobil sport terbaru sebelum menjalani uji kelayakan di jalan raya.

“Pertama kali kami memindahkan tuas ke depan akan menjadi pertama kalinya kita berada di bawah pergerakan dan kekuatan sendiri,” ujar Brettell.

HMS Queen Elizabeth semula dijadwalkan beroperasi penuh pada 2020. Namun, menurut Kantor Auditor Nasional Inggris, kapal tersebut baru bisa beroperasi penuh pada penghujung 2026 karena sejumlah kendala teknis.

Photo  : HMS Queen Elizabeth (Portsmouth)

Sumber : Okezone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s