Menko Polhukam Yakin Indonesia Bisa Berhenti Impor Alutsista

Menko Polhukam, Wiranto berharap suatu saat Indonesia bisa tidak mengimpor Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutista). Menurutnya, Indonesia bisa membuat industri alutista sendiri.

“Suatu saat kita tidak perlu mengimpor lagi, jadi bisa buat industri di sini,” kata Wiranto saat ditemui di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (21/6/2017).

Wiranto menjelaskan hal itu bisa saja dilakukan, karena setiap pembelian senjata ada persyaratan seperti material atau bahan baku yang digunakan harus berasal dari Indonesia.

“Kalau kita beli senjata itu selalu ada transfer teknologi, salah satunya adalah transfer teknologi dan menggunakan contain material dari Indonesia, itu persyaratan yang harus masuk dalam satu kerjasama pembuatan alutista,” jelas Wiranto.

Meski begitu dia mengakui pembuatan industri alutista tidak semudah membalikkan telapak tangan. Menurutnya jika pembuatan alutista khusus hanya sebatas digunakan untuk konsumsi satu negara karena terlalu mahal ongkos produksinya.

“Misalnya kamu buat pesawat terbang untuk konsumsi dalam negeri pasti rugi, pemerintah pasti tidak mampu untuk mensubsidi, makanya selalu expand ke negara lain dimana dana yang didapat itu bisa untuk menutup industri itu dan mengembalikan industri itu,” tuturnya.

Dia menjelaskan Indonesia bisa saja membuat industri Alutista sendiri. Asalkan mampu menyelesaikan permasalahan utama dari industri alutista tersebut, yaitu pasar.

“Jadi tidak mudah ya untuk kemudian membuka industri persenjataan dan kelengkapan perang di Indonesia sendiri kita mesti cari pasar, pasar ini kan sangat ketat ya,” tutupnya.

Photo : CH-47 Chinook (UK MoD)

Sumber : Detik

Advertisements

3 thoughts on “Menko Polhukam Yakin Indonesia Bisa Berhenti Impor Alutsista”

  1. Semoga saja kita bisa menguasai pasar alutsista. Seperti pesanan 200 unit pesawat n-250 zaman habibie dulu. Kuncinya mesin industri dan peralatan industri harus punya kalau bisa mampu membuat.

    Like

    1. pernah dibahas oleh pak Abraham, kuncinya regulasi, karena pemerintah belum punya regulasi yang jelas,
      kalau jelas, kita dah bisa ekspor senjata ke Afrika dan Timteng (selain produk PT DI), bukan hoax lho ini, Hehehe…

      Like

  2. Berhenti impor alutsista, semua jenis ?
    Mungkin bisa, kalau standar teknologi & performa alutsista tsb hanya ala kadarnya atau bahkan sdh usang.
    Teknologi alutsista di dunia ini cepat perkembangannya, banyak negara maju yg masih impor beberapa jenis alutsista nya dgn berbagai alasan .

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s