‘First Flight’ Pesawat Tempur Gripen E Sukses

Perusahaan pertahanan dan keamanan Saab pada tanggal 15 Juni 2017 telah sukses menyelesaikan sebuah penerbangan pertama (First Flight) dari pesawat tempur Gripen E.

Dilansir dari laman Saab (15/ 06), Pukul 10:32 pada hari Kamis tanggal 15 Juni, Gripen E yang diterbangkan oleh pilot uji Saab berangkat untuk melaksanakan penerbangan perdananya.

Pesawat (designation 39-8) berangkat dari lapangan terbang Saab di Linköping, Swedia dan terbang melintasi bagian timur Östergötland selama 40 menit. Selama penerbangan, pesawat melakukan sejumlah tindakan untuk menunjukkan berbagai kriteria uji termasuk retracting and extending of the landing gear.

“Penerbangan itu seperti yang diharapkan, dengan kinerja pesawat yang sesuai dengan pengalaman dalam simulasi kami. Performa akselerasinya sangat mengesankan dengan handling yang halus. Tak perlu dikatakan, saya sangat senang bisa mengujicoba penerbangan perdana ini,” kata Marcus Wandt, Pilot Uji Eksperimental, Saab.

“Hari ini kita telah menerbangkan pesawat tempur kelas dunia ini untuk pertama kalinya. Kami mencapainya dengan perangkat lunak yang memenuhi syarat untuk sistem avionik revolusioner. Ini tentang bagamana cara kami memberi pelanggan sistem tempur cerdas masa depan yang dirancang sejak awal. Kegiatan uji terbang akan terus dilakukan untuk membangun program di jalur yang tepat hingga jadwal pengiriman pada tahun 2019 untuk pelanggan kami, Swedia dan Brasil,” kata Jonas Hjelm, Wakil Presiden Senior dan Kepala Saab Business Area Aeronautics.

Photo : ‘First Flight’ Pesawat Tempur Gripen E (Saab)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

One thought on “‘First Flight’ Pesawat Tempur Gripen E Sukses”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s