Airbus Mengincar Pesawat Tempur Baru Eropa

Pembuat pesawat Eropa, Airbus telah mengindikasikan bahwa pihaknya sedang menimbang-nimbang kemungkinan untuk membangun jet tempur baru bagi sekutu Eropa. Ini untuk menggantikan pesawat militer yang digunakan saat ini, seperti Tornado dan F / A-18 Hornet.

Harian bisnis Jerman “Handelsblatt” edisi Senin melaporkan bahwa pembuat pesawat Airbus telah memulai persiapan untuk membangun sebuah jet tempur baru Eropa.

Kepala divisi militer Airbus, Fernando Alonso ketika berada di Toulouse, mengatakan bahwa perusahaan tersebut saat ini mengerjakan beberapa komponen untuk jet tersebut di Jerman dan Spanyol, dengan dana yang berasal dari pemerintah masing-masing “and hopefully other players in the future.”

Sebagai eksekutif Uni Eropa yang memiliki tujuan untuk mendefinisikan kebijakan pertahanan bersama di 28 anggota blok, Airbus mengatakan akan sangat masuk akal untuk secara drastis mengurangi jumlah sistem senjata yang berbeda dengan maksud untuk meningkatkan efisiensi dan pada akhirnya menghemat biaya.

Pembuat pesawat mencatat bahwa beberapa negara, termasuk Jerman dan Spanyol membutuhkan sistem pertahanan udara baru pada pertengahan masa, dan pendekatan terpadu baru terhadap jet tempur Uni Eropa yang menggabungkan kemampuan pesawat tak berawak, satelit dan pesawat pengintai akan sangat berguna, kata Airbus.

Typhoon begins flight tests with Taurus KEPD 350 missiles. Airbus Defence (Eurofighter)
Typhoon begins flight tests with Taurus KEPD 350 missiles. Photo: Airbus Defence (Eurofighter)

Alonso mengatakan kepada “Handelsblatt” bahwa tidak ada ruang untuk dua sampai tiga sistem pertahanan yang berbeda di Eropa. Dia berharap dapat meyakinkan pemerintah Prancis dan perusahaan domestik seperti Dassault mengenai kebutuhan untuk berpartisipasi dalam program ini.

Prakarsa Airbus harus sesuai dengan permintaan Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der Leyen untuk strategi pertahanan bersama, yang melibatkan FCAS, Future Combat Air System, untuk akhirnya menggantikan Eurofighter dan Tornado di Jerman serta sistem lainnya di berbagai tempat di Benua Eropa. .

Pilihan lain adalah pembelian pesawat Amerika F35, yang akan segera tersedia, namun secara drastis akan mengurangi kedaulatan masa depan Eropa dalam kemampuan pertahanan udara.

Menjelang pemilihan umum bulan September di Jerman, isu yang tidak populer datang dari jet tempur baru, yang melibatkan biaya awal yang besar, dan sedang diperdebatkan oleh para pembuat kebijakan di Berlin. Kementerian Pertahanan di Berlin mengatakan tidak ada keputusan dalam waktu dekat, dengan alasan “riset pasar yang komprehensif terus berlanjut”, sebagaimana dilansir dari laman DW (12/06).

Artikel Terkait : Kembangkan Pesawat Tempur Generasi Keenam, Diaspora Indonesia Raih Prestasi Aerospace Tingkat Dunia

Photo : Pesawat Tempur Tornado Jerman (AFP)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s