Jet Tempur Rusia Cegat Dua Bomber AS

Jet Tempur Rusia Cegat Dua Bomber AS (istimewa)
Jet Tempur Rusia Cegat Dua Bomber AS. (Istimewa)

Sebuah pesawat tempur Rusia berhasil mencegat sekelompok kecil pesawat tempur Amerika Serikat (AS) di atas Laut Baltik yang tengah mengikuti latihan militer tahunan. Demikian pernyataan yang dikeluarkan Departemen Pertahanan AS dalam sebuah tweet.

Menurut pejabat Pentagon, pesawat tempur Su-27 Rusia mencegat pesawat pengisian bahan bakar militer Boeing KC-135 Stratotanker. Pesawat tersebut didampingi oleh dua pembom B-1 dan B-52 selama latihan tahunan BALTOPS (Baltic Operations) yang dimulai pada hari Sabtu (10/6/2017) seperti dikutip dari Russia Today.

Gambar yang dikeluarkan oleh Departemen Pertahanan AS menunjukkan jet milik Rusia terbang di samping pesawat tempur Amerika. Pejabat mengatakan manuver itu dilakukan dengan selamat.

Ini bukan satu-satunya pertemuan antara angkatan udara Rusia dan NATO yang baru saja terjadi. Pada tanggal 6 Juni, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan mencegat pembom B-52 lain di atas Laut Baltik, di mana ia dikawal oleh pesawat tempur Su-27 yang jauh dari wilayah Rusia.

Pejabat NATO mengatakan bahwa pilot Rusia pada umumnya melakukan manuver semacam itu “dengan aman dan profesional.”

Latihan BALTOPS akan berlanjut sampai 16 Juni dan akan melibatkan 5.600 tentara dari pasukan udara, laut dan darat di 12 negara NATO (Belgia, Denmark, Estonia, Prancis, Jerman, Latvia, Lithuania, Belanda, Norwegia, Polandia, Amerika Serikat dan Inggris) serta Finlandia dan Swedia.

Sumber : Sindonews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s