Menhan RI – Selandia Baru Tandatangani Pernyataan Bersama Kerjasama Pertahanan

HMNZS Te Kaha Merapat di Pelabuhan Tanjung Priok (republika)
HMNZS Te Kaha Merapat di Pelabuhan Tanjung Priok (Lantamal III – Republika)

Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu, Rabu (31/5) menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan Selandia Baru Mark Mitchell di Kantor Kemhan, Jakarta.

Pertemuan yang pertama kali dilaksanakan antara Menteri Pertahanan Mark Mitchell yang merupakan Menhan Selandia Baru yang baru dilantik dengan Menhan Ryamizard Ryacudu adalah bagian dari upaya memperkuat hubungan bilateral kedua negara terutama dalam bidang Pertahanan.

Dalam pertemuan tersebut Menteri Pertahanan kedua negara menandatangani dokumen pernyataan bersama mengenai hubungan kerjasama pertahanan kedua negara.

Pernyataan bersama ini merupakan upaya memperkuat hubungan bilateral pertahanan negara yang berisi antara lain; pertama, Kunjungan bilateral dan pertukaran militer, saling kunjung kapal perang, dan latihan bersama antara TNI dengan angkatan bersenjata Selandia Baru.

Kedua, pertukaran informasi intelijen dalam bidang pertahanan termasuk di dalamnya pertukaran informasi, pelatihan dan kunjungan studi pertahanan kedua negara. Ketiga, kerjasama pertahanan di bidang pendidikan dan pelatihan bagi personel pertahanan kedua negara. Keempat, pertemuan kedua negara yang membicarakan mengenai pertahanan yang dilaksanakan secara rutin.

Kelima, pertukaran pengalaman dalam hal operasi pasukan perdamaian PBB. Keenam, kerjasama pertahanan dukungan logistik dalam mendukung kegiatan bilateral yang disepakati bersama. Ketujuh, aktivitas bersama dalam upaya meningkatkan dan memperluas interaksi antar budaya militer kedua negara. Kedelapan, penyediaan bantuan darurat/operasi militer selain perang dan kerjasama pertahanan di bidang-bidang lainnya yang disetujui oleh kedua negara.

Kedua Menteri Pertahanan mengapresiasi penuh kunjungan Kapal HMNZS Te Kaha ke Jakarta, dan kunjungan KRI Banda Aceh untuk menghadiri Perayaan Ulang Tahun Angkatan Laut Selandia Baru ke-75 dan the ASEAN Defence Ministers’ Meeting-Plus Maritime and Counter Terrorism Exercise Mahi Tangaroa.

Kunjungan ini memperkuat hubungan pertahanan bilateral yang positif, yang juga mencakup pelatihan dan pendidikan antara Indonesia dan Angkatan Bersenjata Selandia Baru dan pembicaraan mengenai pertahanan yang reguler antara Kementerian Pertahanan kedua negara.

Sementara itu Menhan Selandia Baru mengatakan bahwa sebagai Menteri Pertahanan Selandia Baru yang baru saja dilantik, kunjungan bilateral pertahanan seperti ini sangatlah berarti.

Pandangan dan perspektif Indonesia mengenai keamanan kawasan Asia Pasifik saat ini sebagai negara besar di kawasan Asia Pasifik dipandang Menhan Selandia Baru sangatlah penting, terutama sebelum menghadiri Shangri La Dialogue yang akan dilaksanakan di Singapura minggu depan. Indonesia memegang peranan penting dalam menjaga keamanan dan stabilitas kawasan Asia pasifik, karena itulah Selandia Baru sangat menghargai hubungan bilateral pertahanan dengan Indonesia.

Sumber : Pen Kemhan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s