Jepang Ingin Tingkatkan Kerjasama Pertukaran Perwira dan Industri Pertahanan

Kapal Perang Angkatan Laut Bela Diri Jepang JS Yuudachi (DD-103) dan JS Yuugiri (DD-153) 1
Kapal Perang Angkatan Laut Bela Diri Jepang JS Yuudachi (DD-103) dan JS Yuugiri (DD-153) berkunjung ke Indonesia. (Istimewa)

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Jepang Untuk Indonesia Masafumi Ishii, Selasa (30/5) di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Jepang menyampaikan keinginannya untuk meningkatkan kerjasama pertahanan antara Indonesia dan Jepang yang telah terjalin baik selama ini.

“Antara Jepang dan Indonesia ada sejarah yang lama di bidang kerja sama pertahanan, saya selaku Dubes Jepang ingin meningkatkan kerja sama tersebut”, ungkap Dubes Jepang.

Lebih lanjut Dubes Jepang menyampaikan beberapa hal terkait kerja sama konkrit di bidang pertahanan yang telah dilakukan kedua negara diantaranya mengenai pertemuan 2+2 dan kerja sama pertukaran Perwira Siswa Militer. Dubes Jepang juga menyampaikan tentang peluang kerja sama di bidang industri pertahanan antara kedua negara.

Terkait tentang Pertemuan 2+2 RI – Jepang yang dihadiri antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan dari kedua negara, Dubes Jepang mengatakan bahwa pertemuan pertama telah dilakukan di Tokyo pada Desember 2015. Dan untuk pertemuan kedua telah disepakati antara Presiden RI dan Perdana Menteri Jepang akan dilakukan pada tahun ini di Jakarta.

Menurutnya, pertemuan tersebut sangat penting bagi kedua negara dalam upaya meningkatkan kerjasama di bidang pertahanan. Untuk itu, Dubes Jepang lebih lanjut menyampaikan akan mengusahakan agar Menhan beserta Menlu Jepang dapat datang ke Indonesia untuk menghadiri pertemuan tersebut.

Sedangkan terkait kerja sama pertukaran pertukaran Perwira Siswa Militer antara Jepang dan Indonesia, Dubes Jepang berharap kerja sama dapat terus dilanjutkan. “Saya berharap pengiriman Siswa dari Indonesia ke Akademi Pertahanan Jepang mulai kembali lagi dalam waktu tidak lama”, ungkapnya.

Sementara di bidang kerjasama industri pertahanan, disampaikannya bahwa Jepang memahami bahwa Indonesia saat ini sedang berusaha meningkatkan kemampuan industri pertahanan. Untuk itu, Jepang ingin mendukung upaya Indonesia tersebut melalui kerja sama Transfer of Technology.

Menanggapi hal tersebut, Menhan RI menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dubes Jepang atas keinginannya untuk terus meningkatkan kerjasama pertahanan kedua negara.

Indonesia siap menjadi tuan rumah pertemuan 2+2 RI – Jepang yang merupakan pertemuan sangat penting bagi kedua negara. Pertemuan tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan kerjasama kedua negara dan juga menjadi kesempatan yang baik untuk saling berbagi pengalaman serta informasi dalam upaya mengatasi ancaman bersama di kawasan.

Terkait kerja sama pertukaran Perwira Siswa Militer antara Jepang dan Indonesia, Menhan RI juga menyambut baik dan akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan pihak TNI.

Sumber : Pen Kemhan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s