Rudal Misterius Korea Utara Jatuh ke Perairan Jepang

Rudal Balistik Korea Utara (Reuters)
Photo Ilustrasi – Rudal Balistik Korea Utara (Reuters/ Republika)

Militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan Korea Utara (Korut) melepaskan sebuah rudal yang dicurigai rudal balistik ke wilayah Jepang pada Senin (29/5/2017) pagi. Peluncuran itu dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan di wilayah Semenanjung Korea menyusul serangkaian tes oleh Pyongyang.

Juru bicara pemerintah Jepang, Yoshihide Suga mengatakan, rudal tersebut tampaknya telah jatuh di perairan Jepang. Peluncuran tersebut merupakan pelanggaran yang terhadap resolusi PBB.

“Peluncuran rudal balistik oleh Korut sangat bermasalah dari perspektif keselamatan lalu lintas kapal dan lalu lintas udara dan merupakan pelanggaran yang jelas terhadap resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa,” kata Suga.

“Jepang sama sekali tidak dapat mentolerir tindakan provokatif Korut yang berulang. Kami telah memprotes keras ke Korut dan mengutuk tindakannya dengan cara yang paling kuat,” imbuhnya seperti dikutip dari Telegraph.

Sebuah pernyataan oleh Kepala Staf Gabungan Selatan mengatakan peluncuran tersebut berasal dari sekitar kota pesisir timur Korut, Wonsan. Namun badan tersebut tidak mengatakan rudal jenis apa yang ditembakkan atau apakah peluncuran itu berhasil.

Kantor berita Korsel, Yonhap mengatakan bahwa proyektil tersebut diyakini merupakan rudal balistik. Namun militer Korsel mengatakan bahwa pihaknya masih menganalisis apa yang sebenarnya diluncurkan oleh Korut.

Tes tersebut dilakukan sehari setelah media pemerintah Korut menunjukkan Kim Jong-un mengawasi sebuah tes sistem senjata anti-pesawat baru.

Kantor Berita Pusat Korut, KCNA mengatakan, Jong-un menyaksikan uji coba sistem senjata berpemandu anti-pesawat tipe baru. Sistem senjata baru ini mampu mendeteksi dan menyerang target yang berbeda yang terbang dari segala arah. KCNA tidak memberikan tanggal pasti dan lokasi latihan.

Selama beberapa bulan terakhir, pemimpin muda tersebut telah mengawasi beberapa latihan militer, termasuk uji coba peluncuran rudal balistik jarak menengah pada hari Minggu yang lalu. Hal ini seiring kebijakan Washington yang berusaha untuk meningkatkan tekanan pada Pyongyang untuk mengekang ambisi nuklirnya.

Ketegangan tinggi di wilayah tersebut dipicu ambisi senjata nuklir dan uji coba reguler rudal balistik yang dilakukan rezim Pyongyang. Negara komunis tertutup itu telah melakukan dua tes atom dan menemabakkan roket sejak awal tahun lalu dalam upaya mengembangkan rudal yang mampu mengantarkan hulu ledak nuklir ke daratan Amerika Serikat.

Sumber : Sindonews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s