Rusia Akan Uji Coba Misil Jelajah di Perairan Libya

Kh-35E di MAKS 2009 (Wiki)
Misil Kh-35E di MAKS 2009 (Wiki)

Maskapai-maskapai penerbangan telah menerima pemberitahuan dari Kementerian Pertahanan Rusia bahwa pada 24 hingga 27 Mei, kapal milik Angkatan Laut Rusia akan meluncurkan misil sebagai bagian dari serangkaian latihan di perairan Libya.

Dalam pemberitahuan itu, kemenhan juga membatasi penerbangan dari daerah tersebut hingga 150 kilometer dari ibu kota Libya, Tripoli. Pada dasarnya, zona pembatasan ini mencakup seluruh pesisir Libya.

Misil Mana yang Akan Diuji Coba?

Menurut media massa Rusia, ada tujuh kapal serta satu kapal selam Krasnodar milik AL Rusia di Laut Tengah. Skuadron Laut Tengah termasuk dua fregat misil, sebuah kapal pendarat, serta sebuah kapal pengintai medium. Kemudian, ada tiga kapal pembantu untuk “kakak-kakak” mereka.

“Zona latihannya tergantung sistem mana yang akan diuji: misil jelajah Kalibr, misil antikapal 3M54, atau misil jelajah antikapal supersonik X-35,” ujar pemimpin redaksi majalah Arsenal Otechestva Viktor Murakhovsky.

Menurutnya, untuk menjamin keamanan kapal dan pesawat dari Eropa dan Afrika Barat, militer Rusia akan menutup zona hingga dua kali lebih besar dari jarak terbang misil.

“Hanya selama latihanlah kita dapat tahu persis misil mana yang armada sedang uji dan pertunjukkan ke Libya. Hingga saat ini, informasi ini masih rahasia. Tidak ada satu pun negara di dunia yang harus memberikan informasi mengenai senjata yang ia gunakan dalam latihan,” tutur Murakhovsky.

Juga, segala bentuk latihan Rusia akan diawasi oleh kapal dan pesawat pengintai NATO. “Selama latihan, pesawat pengintai seperti P-8 Poseidon dan Boeing RC-135, serta kapal pengintai khusus Laut Tengah milik NATO akan beroperasi di zona itu,” ujar sang pakar.

Sumber : RBTH

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s