Review dan Updating Piranti Lunak untuk Mendukung Pelaksanaan Tugas TNI AL

Kepala Staf Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M., mewakili Pangarmatim Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., menghadiri acara penutupan  Sidang Dewan Pengembangan Operasi dan Taktik (Wanbangopstik) TNI Angkatan Laut ke LXX  tahun 2017 dengan Irup Kadisopslatal Laksma TNI Didik Setiyono, S.E., M.M, bertempat di Gedung Moeljadi Kodiklatal Surabaya, Selasa (16/05/2017).

Dalam amanat Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, S.E., yang dibacakan oleh Kadisopslatal menyampaikan,  sidang Wanbangopstik  telah dilaksanakan selama dua hari. Baik Narasumber maupun peserta menunjukkan semanggat dan dedikasinya dalam diskusi yang berkembang dinamis dalam forum akademis sehingga dengan kurun waktu yang terbatas, bisa dicapai hasil yang optimal baik piranti lunak maupun naskah yang didiskusikan telah teruji dengan baik dan segera disempurnakan oleh tim perumus untuk kemudian diserahkan ke Mabesal guna proses pengesahan dan produksi serta distribusi sebagai referensi operasional di lapangan.

Lanjutnya, kegiatan Wanbangopstik ini akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan dengan pembahasan materi – materi yang menitikberatkan pada pengembangan Doktrin Operasi dan Taktik sesuai dengan perkembangan situasi lingkungan strategis dan kondisi alutsista yang kita miliki.

Diakhir amanat Asops Kasal menyampaikan, sesuai dengan program Wanbangopstik direncanakan untuk dilaksanakan dua kali dalam setahun guna mengakomodir tingginya dinamaka operasional Angkatan Laut. Review dan Updating  piranti lunak sangat diperlukan untuk mendukung pelaksanaan tugas TNI AL menuju World Class Navy.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Komandan Guskamlatim Laksma TNI I.N.G. Sudihartawan,S.P.i, Wadan Kodiklatal, Komandan Pasmar 1, Komandan STTAL, Dirum Kodiklatal serta para undangan lainnya.

Photo : CMS Tacticos TNI AL (defence.pk)

Sumber : Pen TNI AL

Advertisements

3 thoughts on “Review dan Updating Piranti Lunak untuk Mendukung Pelaksanaan Tugas TNI AL”

  1. update alutsista nggak akan ada habisnya. sedangkan kalau anggaran cuma $ 100 juta-an per tahun per matra. nggak bisa seluruh alutsista mendapat update terbaru dan akan selalu ketinggalan 2 generasi terbaru. terlalu banyak yang harus diupdate. minimal $ 300 juta per tahun per matra baru bisa. orang pikir punya leopard 2A4 sudah mantap, mungkin dia belum mengenal ATGM.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s