Singapura Akuisisi Dua Kapal Selam Type 218SG

Singapura akan mengakuisisi dua kapal selam disel listrik Type 218SG yang dilengkapi dengan Air Independent Propulsion (AIP), ungkap Kementerian Pertahanan (MINDEF) dalam pameran IMDEX 2017 di Singapura.

Kesepakatan tersebut ditandatangani dengan ThyssenKrupp Marine Systems (TKMS), juga akan mencakup pelatihan awak di Jerman dan juga dukungan logistik. Negara ini sudah memiliki dua kapal selam Type 218SG, yang dipesan pada 2013, dan sedang dibangun di fasilitas Kiels TKMS, sehingga jumlah kapal selam Singapura menjadi empat unit.

“Selain dua yang sebelumnya diumumkan, Angkatan Laut Republik Singapura [RSN] akan mengakuisisi dua kapal selam Type 218SG untuk mengganti kapal selam yang lebih tua, yang diharapkan dapat dikirim mulai tahun 2024 dan seterusnya,” kata Menteri Pertahanan Ng Eng Hen saat pidato pembukaan pameran.

Dua kapal selam pesanan pertama diharapkan dapat dikirim ke RSN masing-masing pada tahun 2021 dan 2022.

Spesifikasi yang dikeluarkan oleh TKMS sebelumnya mengungkapkan bahwa kapal selam Type 218SG dirancang untuk memenuhi persyaratan operasional RSN yang memiliki panjang sekitar 70 m, lebar 6,3 m dan displaces sekitar 2.000 ton.

Platform Type 218SG telah dikembangkan dari desain Type 214 TKMS, walaupun kapal selam baru telah diperpanjang untuk mengakomodasi sistem misi tambahan dan juga untuk mendukung kemampuan upgrade di masa depan.

Desain baru ini menggabungkan “fitur terbaik” dari platform Type 212A Class dan Type 214 Class.

Sebagai contoh, Type 218SG memiliki konfigurasi buritan X-rudder yang serupa dengan Type 212A, menawarkan kemampuan manuver yang ditingkatkan di perairan pantai terbatas, ini bertentangan dengan pengaturan kemudi cruciform pada platform Type 214.

“Type 218SG juga akan menggunakan sistem Air Independent Propulsion (AIP), sama dengan kapal selam Type 214,” kata sumber perusahaan sebelumnya, sebagaimana dilansir dari IHS Jane (16/05).

Photo : A scale model of the Republic of Singapore Navy’s Type 218SG under construction by Germany’s ThyssenKrupp Marine Systems. (IHS Markit/ Kelvin Wong)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s