Jepang Pilih Aegis Ashore daripada THAAD

Pertahanan Anti Rudal di Rumania
Sistem Pertahanan Anti Rudal, Aegis Ashore, di Rumania. (istimewa)

Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) memilih sistem pertahanan THAAD (Terminal High Altitude Area-Defense) untuk menangkal ancaman rudal dari Korea Utara (Korut). Jepang yang juga terancam, memiliki pilihan sendiri untuk menghalau rudal Korut yang beberapa kali mencapai wilayah kedaulatannya.

Negeri Matahari Terbit lebih cenderung kepada sistem pertahanan rudal Aegis Ashore daripada THAAD. Jepang sendiri masih mempertimbangkan sistem mana yang lebih baik di antara keduanya. Pernyataan tersebut didapatkan dari sumber di Partai Liberal Demokratik (LDP) yang menguasai pemerintahan.

Seperti dimuat Reuters, Minggu (14/5/2017), pemerintah nampaknya lebih memilih Aegis Ashore karena dinilai memiliki jangkauan area yang lebih luas serta lebih murah dari THAAD. Dengan begitu, hanya butuh beberapa unit saja untuk mampu melindungi Jepang dari ancaman rudal Korut.

Satu unit sistem Aegis Ashore hanya berharga sekira JPY70-80 miliar (setara Rp8,2-9,4 triliun). Sementara itu, satu unit THAAD dibanderol JPY100 miliar (setara Rp11,7 triliun). Sistem Aegis Ashore juga akan mengurangi beban kewaspadaan kapal perang Jepang yang dilengkapi dengan peralatan Aegis.

Pemerintah Jepang akan mengambil keputusan final terkait sistem pertahanan mana yang nantinya digunakan dalam beberapa bulan mendatang. Keputusan akan diambil setelah pengiriman tim inspeksi ke Hawaii, AS, di mana pasukan Negeri Paman Sam mengoperasikan fasilitas uji coba sistem Aegis.

Sumber : Okezone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s