Trump : Keren kan?

F-35 (Master Sgt. Donald R. Allen Released)
F-35 (Master Sgt. Donald R. Allen/ Released)

Presiden Donald Trump mengklaim 35 pesawat jet tempur F-35 milik Amerika Serikat terbang melintasi Jepang tanpa terdeteksi. Namun, klaim itu tampak tidak meyakinkan.

Dalam wawancara khusus dengan majalah Time, Trump mengatakan puluhan pesawat itu melintasi Jepang bertepatan dengan kunjungan Menteri Pertahanan James Mattis, Februari lalu.

“Mereka menerbangkan 35 pesawat melintasi Jepang … dan seluruh pesawat itu tidak terdeteksi radar. Mereka melintas dan semua orang mengatakan ‘dari mana pesawat itu muncul?’ Itulah pesawat siluman. Keren kan?” ujarnya dalam wawancara tersebut.

“Semuanya terbang dengan kencang, rendah, dan mereka tidak terdeteksi. Mereka terbang melintas, tidak ada yang tahu mereka datang. Keren kan? kata panglima tertinggi Amerika Serikat itu, dikutip CNN, Jumat (12/5).

Namun, pada kenyataannya, hanya 10 dari 16 pesawat siluman Korps Marinir itu yang dilaporkan telah tiba di Jepang dalam rangka misi luar negeri pertamanya.

Dan kehadiran pesawat jet tersebut–beberapa minggu sebelum Mattis datang–tidak mengejutkan siapa-siapa karena Marinir telah mengumumkan pengerahannya dari jauh hari.

Ketika jet tempur itu tiba pun, mereka mendarat dengan baik-baik di Pangkalan Udara Marinir Iwakuni, tanpa kejutan.

Kalau pun ada F-35 lain di Jepang saat itu, mungkin keberadaannya sangat dirahasiakan. Alasannya, misi luar negeri lain yang ditugaskan pada armada siluman itu, pada April lalu, berlokasi di Eropa, dan hanya diikuti oleh sejumlah kecil pesawat.

Sebelum dilantik sebagai Presiden, tak lama setelah memenangi pemilu tahun lalu, Trump sempat menekan perusahaan pembuat pesawat Lockheed Martin agar menurunkan harga jet tempur tercanggih di negaranya, F-35.

Tidak terima biaya yang dibutuhkan untuk membuat pesawat siluman itu, Trump meminta perusahaan lain, Boeing, untuk mengajukan proyek tandingan, dengan harga yang bersaing dari yang diajukan Lockheed.

“Karena harga luar biasa mahal dan pengeluaran berlebihan untuk membuat F-35 Lockheed Martin, saya telah meminta Boeing untuk mengajukan F-18 Super Hornet yang sebanding!” kata Trump lewat akun Twitter.

F-18 Super Hornet adalah pesawat model lama yang tidak mempunyai kemampuan siluman seperti F-35. Jet lawas itu telah lama digunakan oleh militer AS dan dinilai mempunyai kemampuan yang cukup mumpuni.

Kemampuan siluman adalah teknologi yang membuat objek tidak terdeteksi oleh radar lawan sehingga lebih sulit ditemukan.

Trump menyatakan desakan itu sehari setelah bertemu dengan bos kedua perusahaan aviasi itu. Setelah Trump berkicau, saham Lockheed turun 2 persen sementara Boeing meningkat 0,7 persen.

Lockheed menolak untuk berkomentar. Program F-35 adalah proyek penting dalam mendongkrak pemasukan perusahaan tersebut, dengan kontribusi 20 persen dari total pemasukan US$46,1 juta perusahaan itu tahun lalu.

Sumber : CNN

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s