Perusahaan Turki – Jerman Tandatangani Letter of Intent Kerjasama Pembangunan Kapal Selam Indonesia

Perusahaan spesialis angkatan laut Turki – Jerman menandatangani Letter of Intent (LoI) untuk bekerja sama dalam sebuah kontrak pembangunan kapal selam diesel varian Type-214 untuk Angkatan Laut Indonesia, pada tanggal 10 Mei.

Kesepakatan tersebut ditandatangani pada pameran pertahanan dan kedirgantaraan IDEF’17 di Istanbul antara STM, sebuah perusahaan rekayasa pertahanan yang dikendalikan oleh pemerintah Turki dan ThyssenKrupp Marine Systems Jerman.

“Kami mengumpulkan sumber daya kami dengan tujuan merancang dan membangun kapal selam untuk Indonesia,” kata pejabat STM dan TKMS dalam sebuah upacara.

Melalui usaha patungan dengan STM, TKMS bermitra dengan Golcuk Shipyard Turki, lokasi produksi untuk Piri Reis, kapal selam Type-214 pertama yang dibangun untuk Angkatan Laut Turki.

Type 214 adalah turunan dari SSK Type-209 yang dibangun oleh Howaldtswerke-Deutsche Werft, atau HDW Jerman. Type-214 menampilkan inovasi desain dari HDW Type-212.

Memiliki displaces 1.700 ton (permukaan) dan delapan tabung torpedo yang dapat meluncurkan torpedo kelas berat – seperti rudal Atlas Elektronik SeaHake – dan anti-kapal, seperti Harpoon dan Exocet.

Berdasarkan kontrak senilai 2,5 miliar euro (2,7 triliun dolar AS), enam kapal selam Type-214 sedang dibangun untuk Angkatan Laut Turki. Beberapa subsistem akan dibangun secara lokal.

Misalnya spesialis peralatan elektronik militer Turki, Aselsan, sebuah perusahaan yang dikendalikan pemerintah, akan menyediakan electronic support measures dan sistem sensor untuk program kapal selam.

Spesialis perangkat lunak militer Havelsan, perusahaan yang dikendalikan oleh pemerintah lainnya, akan membangun integrated command and control suite.

Menurut surat pernyataan niat (Letter of Intent) Turki-Jerman, satu atau dua kapal selam pertama yang direncanakan untuk Angkatan Laut Indonesia akan dibangun di sebuah galangan kapal Turki. Platform lanjutan akan dibangun di Indonesia, sebagaimana dilansir dari Defense News (11/05).

Photo : Kapal Selam Type-214 Yunani, S-122 Matrozos (IHS Janes)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

2 thoughts on “Perusahaan Turki – Jerman Tandatangani Letter of Intent Kerjasama Pembangunan Kapal Selam Indonesia”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s