Dubes RI Untuk Pakistan Berharap Indonesia dan Pakistan Jajaki Kerja Sama Industri Pertahanan

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Laksdya TNI Dr. Widodo menerima Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Islam Pakistan Iwan Suyudhie Amri, Senin (8/5) di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut Dubes RI untuk Republik Islam Pakistan menyampaikan harapannya agar hubungan kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Pakistan dapat ditingkatkan khususnya di bidang industri pertahanan.

“Perkembangan industri pertahanan Pakistan sepertinya terus mengikuti teknologi militer terkini. Kami melihat itu suatu peluang bagi Indonesia untuk dapat menjajaki kerja sama industri pertahanan ataupun perdagangan”, ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, hubungan kerjasama pertahanan Indonesia dan Pakistan sudah memiliki landasan yang kuat yakni dengan telah ditandatanganinya Defence Cooperation Agreemeent dan telah diratifikasi menjadi Undang Undang pada tahun 2015.

Defence Cooperation Agremennt tersebut perlu ditindaklanjuti oleh kedua negara sebagai upaya meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan antara kedua negara yang dapat didahului dengan pembentukan Joint Commettee.

“Walaupun Joint Committee belum terbentuk, akan tetapi kunjungan atar pejabat dan kerja sama di bidang pendidikan dan pelatihan sudah berlangsung”, ungkapnya.

Sementara itu Sekjen Kemhan RI mengatakan, bahwa hubungan kerja sama pertahanan Indonesia dan Pakistan saat ini berlangsung erat dan sudah terjalin lama sejak era Presiden RI Soekarno. Kemhan RI juga berharap dapat terus ditingkatkan, apalagi kerjasama tersebut sudah memiliki dasar yang kuat.

Defence Cooperatioan Agreement yang telah disepakati bersama rencananya akan ditindaklanjuti oleh Kemhan masing – masing kedua negara dengan pembahasan teknis melalui pertemuan working group. Melalui working group tersebut, akan dibahas atau didiskusikan beberapa hal salah satunya mengenai potensi kerja sama industri pertahanan yang saling menguntungkan bagi kedua negara.

Photo : Hanggar PT DI (defence.pk)

Sumber : Pen Kemhan

Advertisements

5 thoughts on “Dubes RI Untuk Pakistan Berharap Indonesia dan Pakistan Jajaki Kerja Sama Industri Pertahanan”

  1. tidak banyak yang bisa dikerjasamakan inhan dengan pakistan karena kita import peralatan lebih dari 60%. paling kerjasama desain.

    Like

    1. ada arah kesana udah bagus sir, paling tidak inhan kita sudah diperhitungkan di kancah internasional,
      Kemarin Pak Windu juga bilang kalau SDM PT Pindad gak kalah dengan FNSS, berani di adu,
      Namun Suplai Komponen dan Riset kita yang lemah,
      disana, di Turki, Industri Hulu untuk Alutsista Bagus & Dana RnD – nya juga besar.

      Like

      1. medium tank pindad – fnss. sepengetahuan saya len kebagian IFF, BMS, sedangkan pindad miris hanya kebagian merakit dan membuat kubah tank.
        AMAP M, AMAP B, rantai, radio, camera, lampu, mesin, transmisi, body, penggerak, dan lain-lain import. (mungkin spionnya impor juga)

        Like

  2. Inti dari kerjasama harus ada kesepakatan berapa poersen alih tegnologi. Tanpa ada semua ini, kita hanya jadi pasar tanpa punya manfaat generasi Bangsa kedepannya.
    Untuk merealisasikan semua, harus bertahap, dan ini harus dilakukan.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s