Delegasi TNI-AL Tiba di Istanbul untuk Mempelajari Akuisisi Kapal Selam AIP

Delegasi senior yang terdiri dari perwira Angkatan Laut (TNI-AL) tiba di Istanbul untuk lebih jauh mengeksplorasi kelayakan akuisisi kapal selam Type 214 dari Golcük Shipyard.

Delegasi tersebut dipimpin oleh Asisten Logistik TNI-AL, Laksamana Mulyadi. Dia didampingi oleh Kepala Dinas Elektronika dan Senjata, Commodore Christianto Purnawan, dan Kepala Dinas Material, Commodore Aziz Ikhsan Bachtiar.

Kegiatan yang berlangsung selama kunjungan tersebut adalah tur fasilitas Golcük Shipyard di dekat Istanbul, yang merupakan tempat pengerjaan platform Type 214 yang sedang berlangsung.

Galangan kapal tersebut telah dikontrak untuk mengirimkan enam kapal selam Type 214 ke Angkatan Laut Turki, dan kapal selam pertama dijadwalkan dapat diluncurkan pada tahun 2019.

Delegasi TNI-AL juga akan mengunjungi pameran IDEF 2017 selama berada di Istanbul.

Kunjungan delegasi tersebut datang setelah presentasi yang dibuat oleh Golcük Shipyard dan ThyssenKrupp Marine Systems (TKMS) pada awal tahun 2017 yang berlangsung di markas besar TNI-AL di Cilangkap dekat Jakarta.

TKMS mendukung tawaran Golcük Shipyard untuk memasok varian kapal selam diesel listrik Reis (Type 214) ke Indonesia.

Platform kelas Reis memiliki panjang keseluruhan 67,6 m, overall beam 6,3 m, dan hull draught 6,0 m. Kapal selam tersebut dapat menampung awak 27 termasuk lima perwira, dan bisa mencapai kecepatan tertinggi 20 kt saat menyelam, dan 12 kt saat muncul di permukaan air, sebagaimana dilansir dari Jane’s pada yang terbit pada tanggal 9 Mei 2017.

Photo : Type 214 Yunani (navalanalyses)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

4 thoughts on “Delegasi TNI-AL Tiba di Istanbul untuk Mempelajari Akuisisi Kapal Selam AIP”

  1. bung admin kenapa kita kok gk ambil langsung ke jerman aja, malah ke turki padahal kan jerman tidak pelit dalam hal TOTnya

    Like

  2. oh begitu, jadi ada undang-undang yang membatasi masalah TOTnya dikawasan eropa yaa bung admin, saya berharap sih jadi,?? Jadi kan nantinya bisa diterapkan juga dikapal yang bakal kita bangun nantinya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s