Jenis Peperangan Elektronik

Peperangan elektronik terbagi menjadi tiga bagian besar, yaitu serangan elektronik (Electronic Attack/ EA), perlindungan elektronik (Electronic Protection/ EP), dan bantuan peperangan elektronik (Electronic Warfare Support/ ES).

Serangan Elektronik (Electronic Attack/ EA)

Serangan elektronik (EA) (sebelumnya dikenal dengan Electronic Counter Measures (ECM)) melibatkan penggunaan energi elektromagnetik, energi terarah (DE), atau senjata anti-radiasi untuk menyerang personil, fasilitas, atau peralatan dengan maksud untuk menurunkan, menetralisir, atau menghancurkan kemampuan tempur musuh, termasuk kehidupan manusia. Dalam kasus energi elektromagnetik, tindakan ini disebut sebagai jamming dan dapat dilakukan pada sistem komunikasi atau sistem radar.

Perlindungan Elektronik (Electronic Protection/ EP)

Perlindungan Elektronik (sebelumnya dikenal sebagai Electronic Protective Measures (EPM) atau Electronic Counter Counterermeasures (ECCM)) melibatkan tindakan yang dilakukan untuk melindungi personil, fasilitas, dan peralatan dari efek penggunaan spektrum elektromagnetik oleh teman atau musuh yang menurunkan, menetralkan, atau menghancurkan kemampuan tempur. Jamming bukan bagian dari EP, ini adalah EA measure.

Penggunaan flare rejection logic pada rudal pelacak inframerah untuk melawan penggunaan flare musuh adalah EP. Sementara aksi EA defensif, EP melindungi personil, fasilitas, kemampuan, dan peralatan, EP melindungi dari efek EA (teman dan atau musuh).

Contoh lain dari EP termasuk teknologi spread spectrum, penggunaan Joint Frequency Frequency List (JRFL), pengendalian emisi (Emissions Control/ EMCON), dan low observability atau “stealth”.

Electronic Warfare Self Protection (EWSP) adalah rangkaian sistem penanggulangan yang dipasang terutama ke pesawat terbang untuk tujuan melindungi pesawat dari tembakan senjata dan dapat mencakup; DIRCM (melindungi terhadap rudal IR), Infrared Countermeasures (melindungi terhadap rudal IR), Chaff (protects against Radar guided missiles), DRFM Decoys (melindungi terhadap Radar peluru kendali), Flare (melindungi terhadap rudal IR).

Electronic Warfare Tactics Range (EWTR) adalah jenjang latihan yang menyediakan pelatihan awak pesawat dalam peperangan elektronik. Ada dua jenjang di Eropa; Satu di RAF Spadeadam di Inggris dan jajaran POLYGON di Jerman dan Prancis. EWTR dilengkapi dengan peralatan berbasis darat untuk mensimulasikan ancaman peperangan elektronik yang mungkin dihadapi pesawat terbang dalam sebuah misi.

Antifragile EW is a step beyond standard EP, occurring when a communications link being jammed actually increases in capability as a result of a jamming attack, although this is only possible under certain circumstances such as reactive forms of jamming.

Bantuan peperangan elektronik (Electronic Warfare Support/ ES)

Electronic Warfare Support (ES), adalah subdivisi EW yang melibatkan tindakan tasked by, atau di bawah kendali langsung, komandan operasional mencari, mencegat, mengidentifikasi, dan menemukan lokasi sumber energi elektromagnetik yang terpancar baik yang disengaja maupun tidak disengaja untuk tujuan pengenalan ancaman langsung, penargetan, perencanaan, dan pelaksanaan operasi di masa depan.

Langkah-langkah ini dimulai dengan sistem yang telah dirancang dan operator yang telah dilatih untuk membuat Electronic Intercepts (ELINT) dan kemudian mengklasifikasi dan menganalisis, yang secara umum dikenal sebagai Sinyal intelijen (Signals intelligence) dari pendeteksian tersebut untuk mengembalikan informasi dan kemungkinan intelijen yang dapat ditindaklanjuti (misalnya identifikasi kapal dari karakteristik unik dari radar tertentu) kepada Komandan.

Sinyal intelijen (Signals intelligence/ SIGINT) adalah proses untuk menganalisis dan mengidentifikasi frekuensi yang diintersep (misalnya sebagai ponsel atau radar).

SIGINT dibagi menjadi tiga kategori; ELINT, COMINT, dan FISINT. Parameter dari intercepted txn adalah; peralatan komunikasi; freq, bandwidth, modulasi, polarisasi dll.

Perbedaan antara intelijen dan dukungan perang elektronik (ES) ditentukan oleh siapa yang melakukan tugas atau mengendalikan aset yang dimiliki, apa yang ditugaskan, dan untuk tujuan apa mereka ditugaskan.

Dukungan perang elektronik dicapai dengan aset yang ditugaskan atau dikendalikan oleh komandan operasional.

Tujuan dari operasi ES adalah pengenalan ancaman langsung, penargetan, perencanaan dan pelaksanaan operasi di masa depan, dan tindakan taktis lainnya seperti penghindaran ancaman. Namun, aset dan sumber daya yang sama, yang ditugaskan untuk ES dapat mengumpulkan data intelijen secara bersamaan.

Bila kegiatan ini berada di bawah kendali operasional komandan dan diterapkan untuk tujuan kesadaran situasional, pengenalan ancaman, atau penargetan EM, maka itu dilakukan untuk pengawasan terhadap Electronic Warfare (EW).

Riwayat EW yang Relevan

Dalam serangan Operation Orchard Israel tahun 2007 terhadap lokasi yang diduga terdapat senjata nuklir Suriah, Angkatan Udara Israel menggunakan perang elektronik untuk mengendalikan wilayah udara Suriah sebelum serangan tersebut terjadi.

Sistem Electronic Warfare (EW) Israel mengambil alih sistem pertahanan udara Suriah, memberi mereka gambaran langit palsu, sementara jet Angkatan Udara Israel melintasi sebagian besar wilayah Suriah, membom sasaran mereka dan kembali, sebagaimana dilansir dari Wikipedia.

Penguatan Alutsista adalah program yang sangat penting bagi Tentara Nasional Indonesia, namun program pengadaan sistem Electronic Warfare (EW) bukanlah sesuatu yang bisa dianggap sepele.

Photo : Laser activity in your vicinity might mean the presence of a threat. Saab’s Naval Laser-Warning System (NLWS) is capable of detecting and analysing lasers in blue-water and littoral combat environments. This system provides vitally important situational awareness to the command team about the presence of laser activity. (Saab)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

3 thoughts on “Jenis Peperangan Elektronik”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s