Apa Itu ‘Electronic Warfare’?

Electronic Warfare (EW) atau Peperangan Elektronik adalah tindakan yang melibatkan penggunaan spektrum elektromagnetik atau energi yang diarahakan untuk mengendalikan spektrum, menyerang musuh, menghalangi serangan musuh melalui spektrum.

Tujuan dari peperangan elektronik ialah untuk mencegah musuh mengambil keuntungan dan memastikan akses ke spektrum elektromagnetik teman tidak terhalang. Peperangan elektronik bisa dilakukan melalui udara, laut, darat, dan luar angkasa baik dengan sistem berawak dan tak berawak, dan dapat menarget manusia, komunikasi, radar dan atau aset yang lainnya.

Lingkungan Elektromagnetik (Electromagnetic Environment/ EME)

Operasi militer dijalankan di lingkungan informasi yang semakin rumit oleh spektrum elektromagnetik (Electromagnetic/ EM). Bagian spektrum elektromagnetik dari lingkungan informasi disebut sebagai lingkungan elektromagnetik (Electromagnetic Environment/ EME).

Merupakan suatu kebutuhan dalam sebuah kekuatan militer untuk mendapatkan akses dan penggunaan lingkungan elektromagnetik yang tidak berujung untuk menciptakan kerentanan dan peluang melakukan Peperangan Elektronik dalam mendukung operasi militer.

Dalam membangun informasi pada sebuah operasi, Electronic Warfare (EW) adalah elemen dari peperangan informasi, lebih khusus lagi, ini adalah elemen dari kontra informasi ofensif dan defensif.

NATO memiliki pendekatan yang berbeda, bisa dibilang lebih lengkap dan komprehensif terkait EW. Sebuah dokumen konseptual Komite Militer (Military Committee) pada tahun 2007 (MCM_0142 Nov 2007 Military Committee Transformation Concept for Future NATO Electronic Warfare) mengakui EME sebagai ruang manuver operasional dan lingkungan perang.

NATO telah mengadopsi bahasa yang disederhanakan, dimana itu digunakan di lingkungan warfighting lainnya seperti maritim, darat dan udara/ ruang angkasa. Misalnya, Electronic Attack menyinggung penggunaan energi elektromagnetik. ED adalah Electronic Defense dan ES adalah Electronic Surveillance.

EW tradisional yang digunakan NATO (ECM, EPM dan ESM) dipertahankan saat mereka berkontribusi dan mendukung EA, ED dan ES.

Selain EW, operasi elektronik lainnya termasuk ISTAR dan SIGINT. Selanjutnya NATO telah mengeluarkan Kebijakan dan Doktrin EW dan menambahkan pengembangan jalur pertahanan NATO lainnya.

Aplikasi Peperangan Elektronik

Peperangan Elektronik adalah tindakan militer yang melibatkan penggunaan spektrum elektromagnetik untuk memasukkan energi terarah (DE) kemudian mengendalikan spektrum elektromagnetik atau untuk menyerang musuh. Ini tidak terbatas pada frekuensi radio atau radar namun mencakup bagian IR, visible, ultraviolet, dan bagian antena elektromagnetik lainnya yang jarang digunakan. Ini termasuk perlindungan diri, mengelak (standoff) dan mengawal (escort) jamming, serta serangan antiradiasi.

Electronic Warfare adalah “alat khusus” yang dapat meningkatkan banyak fungsi udara dan ruang pada berbagai tingkat konflik.

Tujuan EW adalah untuk menangkal lawan mendapatkan keuntungan dalam spektrum elektromagnetik dan memastikan akses tanpa hambatan ke bagian spektrum elektromagnetik dari lingkungan informasi.

EW dapat diaplikasikan dari udara, laut, darat, dan ruang dengan sistem berawak dan tak berawak. EW dijalankan untuk mendukung operasi militer yang melibatkan berbagai tingkat deteksi (detection), penangkalan (denial), penipuan (deception), gangguan (disruption), degradasi (degradation), perlindungan (protection), dan penghancuran (destruction).

EW berkontribusi terhadap keberhasilan operasi informasi (Information Operations/ IO) dengan menggunakan taktik dan teknik ofensif maupun defensif dalam berbagai kombinasi untuk membentuk, mengganggu, dan memanfaatkan penggunaan spektrum elektromagnetik yang berlawanan sambil melindungi kebebasan bertindak dalam spektrum tersebut.

Mempercayakan tugas pada spektrum elektromagnetik dapat meningkatkan potensi dan tantangan EW dalam operasi informasi. Semua kemampuan operasi inti, pendukung, dan informasi terkait baik yang dilakukan secara langsung atau tidak langsung menggunakan EW tetap akan mendapat manfaat dari EW.

Kegiatan utama EW telah dikembangkan dari waktu ke waktu untuk memanfaatkan peluang dan kerentanan yang melekat dalam bidang fisika dari energi elektromagnetik.

Kegiatan yang dilakukan di EW meliputi; penanggulangan frekuensi elektro-optik, inframerah dan radio; EM compatibility and deception; gangguan komunikasi (communications jamming), jamming dan anti-jamming radar; electronic masking, menyelidiki, mengintip, dan intelijen; keamanan elektronik; pemrograman ulang EW; emission control; manajemen spektrum; dan mode cadangan perang (wartime reserve modes), sebagaimana dilansir dari Wikipedia.

Artikel Selanjutnya : Jenis Peperangan Elektronik

Photo : RAF Menwith Hill, a large ECHELON site in the United Kingdom, and part of the UK-USA Security Agreement. (Wiki)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s