Kuartal I/2017, Jumlah Kerugian BUMN Turun

Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Menteri BUMN Rini Soemarno (Antara)
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Menteri BUMN Rini Soemarno sebelum memimpin Rapat Terbatas Evaluasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas Provinsi Sulawesi Tenggara di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (10/4). (Antara)

Sebanyak 25 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatatkan kerugian dengan total senilai Rp3 triliun pada kuartal I/2017.

Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro mengungkapkan kerugian perusahaan BUMN telah turun meskipun masih dalam kategori rugi. Dia mengungkapkan pada kuartal I/2016, terdapat 27 perusahaan plat merah yang cetak rugi dengan nilai Rp3,2 triliun.

Imam menuturkan pada akhir tahun lalu, sambungnya, perusahaan BUMN yang merugi ada 22 perusahaan dengan total rugi senilai Rp5,6 triliun. Imam menekankan agar pada akhir tahun ini, kerugian bisa ditekan menjadi Rp499 miliar atau sekitar 5 perusahaan saja.

“Harapan kami kinerja perusahaan BUMN akan membaik pada kuartal II, III dan IV tahun ini,” ungkapnya, Jumat (28/9/2017).

Imam mengungkapkan pada kuartal I/2017, kerugian paling besar disumbang oleh Bulog senilai Rp903 miliar. Dia membeberkan beberapa emiten yang masih merugi selain Bulog yakni PT Rajawali Nusantara Indonesia, PT Dirgantara Indonesia, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk., dan PT Kertas Kraft Aceh (KKA).

Dia mengungkapkan sektor ritel atau perdagangan cenderung mencatatkan kurang baik pada kuartal I/2017, sedangkan laba paling besar disumbang oleh sektor jasa keuangan dan transportasi.

Sumber : Bisnis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s