Jepang Kirim ‘Izumo’ Kawal Pasokan untuk Kapal Induk AS

Jepang pada hari Senin (1/5/2017) mengirim sebuah kapal perang raksasa untuk mengawal kapal pembawa pasokan untuk kapal induk Amerika Serikat (AS) USS Carl Vinson. Kapal perang Jepang itu diizinkan menggunakan senjata di tengah ancaman Korea Utara yang akan menenggelamkan kapal-kapal AS.

Misi pengawalan kapal perang Jepang ini merupakan misi perdana berdasarkan doktrin militer yang telah diperluas sejak Perang Dunia II.

Kapal perang Jepang yang dikirim itu adalah kapal Izumo. Kapal ini sejatinya juga dikategorikan sebagai kapal induk mengingat ukuran dan fungsinya.

Menteri Pertahanan Tomomi Inada memerintahkan kapal perang Izumo untuk melindungi kapal Angkatan Laut AS yang menuju ke Pasifik untuk membawa pasokan untuk kapal induk USS Carl Vinson. Kapal induk AS itu berada di Laut Jepang, semenanjung Korea, untuk latihan perang dengan militer Korea Selatan.

Kapal Izumo berangkat dari pelabuhan Yokosuka di Prefektur Kanagawa. Sedangkan kapal Angkatan Laut AS yang dikawal berangkat dari perairan di semenanjung Boso, dekat Tokyo.

“Untuk memastikan keberhasilan misi pendamping mereka, pelaut Jepang telah diberi wewenang untuk menggunakan senjata minimum yang diperlukan, untuk mencegah serangan di tengah ancaman yang muncul dari Korea Utara untuk menenggelamkan kapal-kapal AS,” tulis media Jepang, Japan Times, mengutip perintah militer Jepang.

Militer Jepang tak mengungkap jumlah kapal Angkatan Laut AS yang dikawal oleh kapal Izumo.

Jepang sendiri juga terlibat latihan perang dengan kapal induk USS Car Vinson, di mana dua kapal perangnya, Samidare dan Ashigara telah bergabung sejak beberapa hari lalu.

Photo : Izumo (cimsec)

Sumber : Sindonews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s