USS Carl Vinson Masuk Selat Sunda Atas Izin Pemerintah RI

Masuknya Kapal induk bertenaga nuklir USS Carl Vinson yang membawa serta pesawat tempur, helikopter dan pasukan militer Amerika Serikat (AS) ke wilayah Indonesia, sudah berdasarkan izin dari pemerintah. Hal itu dikatakan oleh Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo.

Kepada wartawan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2017), Panglima TNI menyebut masuknya kapal induk AS dan rombongan itu, adalah dalam rangka pengamanan kunjungan Wakil Presiden AS, Mike Pence.

“Dalam rangka pengamanan Wakil Presiden AS, pengamanannya pasti satu paket mereka, pasti (diketahui oleh TNI), mereka mematuhi lewat ALKI (Alur Laut Kepulauan Indonesia),” ujarnya.

Keberadaan kapal induk tersebut di perairan Indonesia diumumkan secara resmi oleh Angkatan Laut (AL) AS pada Selasa pekan lalu (17/4). Mereka mempublikasikan foto kapal tersebut, dengan informasi bahwa kapal itu berada di Selat Sunda.

Kapal induk tersebut juga merupakan salah satu bagian dari diplomasi oleh pemerintah AS, menyusul ketegangan yang terjadi antara ngeri Paman Sam itu dengan Korea Utara. Presiden Dondal Trump sudah memerintahkan agar kapal induk dikirim ke semenanjung Korea, untuk menakut-nakuti pemerintahan Kim Jong Un.

Mike Pence berkunjung ke Indonesia pada tanggal 20-21 April lalu. Dalam kunjungannya ke Indonesia, Wakil Presiden AS sempat diterima oleh Presiden Joko Widodo, dan Wakil Presiden RI. Jusuf Kalla.

Photo : USS Carl Vinson (Wiki)

Sumber : Tribunnews

Advertisements

One thought on “USS Carl Vinson Masuk Selat Sunda Atas Izin Pemerintah RI”

  1. Munculnya diselat sunda, tau-tau udah nongol dilaut sulawesi…apakah ini berarti memintas perairan utara jawa atau melambung menyusuri samudra hindia dulu via selat lombok?

    Tapi gak apalah…namanya juga teman

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s