Dua Kapal Perusak Milik Jepang Gabung USS Carl Vinson

Dua kapal perusak milik Jepang dilaporkan ikut bergabung dengan kapal perang Amerika Serikat (AS), USS Carl Vinson, yang bergerak menuju Semenanjung Korea. Keputusan ini diambil Jepang menjelang perayaan 85 tahun pembentukan militer Korea Utara (Korut).

NHK mewartakan, kapal Ashigara dan Samidare telah meninggalkan markas Angkatan Laut Jepang di Kota Sasebo pada Jumat 21 April 2017. Kedua kapal tersebut akan bergabung dengan USS Carl Vinson di wilayah perairan Semenanjung Korea yang tidak jauh dari garis pantai Korut.

Bergabungnya kedua kapal tersebut diklaim untuk ikut dalam latihan gabungan AS-Jepang. Namun hingga kini masih belum diketahui detail mengenai latihan seperti apa yang akan dilakukan kedua negara.

Namun sebagaimana dikutip dari Russia Today, Sabtu (22/4/2017), latihan gabungan kedua negara itu disinyalir bertujuan untuk memperlihatkan kemampuan AS-Jepang untuk menangkal ancaman Korut.

“Jepang ingin menurunkan beberapa kapal perusaknya saat Carl Vinson memasuki Laut China Timur,” tutur sumber militer Jepang yang tidak disebutkan namanya kepada Reuters. Ia menambahkan, latihan tersebut akan meliputi pendaratan helikopter di kapal AS-Jepang serta latihan komunikasi antar-kapal kedua negara.

Kapal USS Carl Vinson disebut tidak sendirian bergerak menuju Semenanjung Korea. Kapal perang tersebut juga ditemani kapal-kapal peluncur rudal USS Wayne E Meyer, USS Michael Murphy, dan USS Lake Champlain.

Photo : Ashigara (Wiki)

Sumber : Okezone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s