Fokus Tentara untuk Latihan Tempur Bisa Menurun karena Bertani

Peran Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan pemuda perlu ditingkatkan untuk membantu desa agar lahan menjadi produktif. Sebagian besar desa kurang unggul karena kekurangan penggarap.

Pengamat intelijen, Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati berharap TNI melalui Babinsa berperan aktif mendorong para pemuda agar mau menggarap lahan. Sebaliknya, kata dia bukan TNI malah menjadi petani.

“Kalau batalyon tempur diperintahkan menggarap lahan, maka fokus tentara untuk latihan dan meningkatkan keterampilan tempur bisa menurun,” ujar Nuning, Minggu (16/4/2017).

Dia menuturkan, Babinsa bukan dirancang untuk masuk ke dalam sistem pemerintahan desa. Dia menambahkan, jika Babinsa ditugaskan mengawasi penyaluran dana desa, maka harus ada terlebih dahulu penataran kepada para Babinsa tentang kemampuan dasar keuangan, akutansi dan mekanisme pembiayaan.

“Fungsi pengawasan keuangan di organisasi TNI hanya dimiliki oleh inspektorat dan yang menjabat adalah level perwira. Jadi, justru harus diwaspadai ketika fungsi inspektorat untuk pengawasan keuangan diberikan kepada para bintara,” tuturnya.

Photo : Prajurit TNI (istimewa)

Sumber : Sindonews

Advertisements

2 thoughts on “Fokus Tentara untuk Latihan Tempur Bisa Menurun karena Bertani”

  1. perang bukan hanya tembak menembak, proxy war termasuk perang ketahanan pangan, apa jadinya perang tanpa logistik yang cukup, jadinya konyol. dan hanya babinsa yang sering turun bertani. batalyon tempur jarang bertani kecuali dalam program TMMD serta bertani di komplek sendiri seperti menanam cabai sekarang digalakkan di lahan-lahan nganggur kodam/batalion.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s