Akankah HMS Ocean Menemukan Pembeli di Asia?

Dibangun antara tahun 1993 hingga 1998, HMS Ocean telah bertugas sebagai kapal serbu amfibi utama Royal Navy. Kapal memiliki bobot 21.000 ton, kecepatan 18 knot, dan dapat membawa hingga 18 helikopter. Platform ini juga memiliki fasilitas untuk membawa dan menggunakan kapal, marinir, dan kendaraan darat.

Royal Navy mengharapkan penjualan kapal tersebut untuk mengantisipasi kekurangan anggaran dalam menyelesaikan dua kapal baru, HMS Ratu Elizabeth dan HMS Prince of Wales.

Harga yang diminta untuk HMS Ocean cukup murah, dilaporkan hanya sekitar 75 juta dollar Amerika, dan dapat diangsur.

Tentu saja, biaya yang berkaitan dengan pemeliharaan dan akuisisi helikopter akan lebih signifikan, tetapi harus dikelola dengan baik untuk setiap angkatan laut yang sudah memiliki beberapa pengalaman dengan helikopter maritim.

Rumor yang beredar saat ini mengatakan bahwa Brasil adalah kandidat pembeli yang paling potensial.

Awal tahun ini, Brasil akhirnya menyerah pada Nae Sao Paulo (kapal induk Brasil yang telah pensiun), sebuah kapal induk tua yang dibeli pada tahun 2000 dari Perancis. Hal ini membuat Brasil tanpa carrier untuk pertama kalinya sejak tahun 1960. Jika Brasil tidak membeli, beberapa negara di Asia-Pasifik mungkin akan tertarik.

Angkatan Laut Kerajaan Malaysia telah melakukan upaya modernisasi signifikan selama dekade terakhir, termasuk akuisisi kapal selam modern, fregat, dan pesawat patroli. Lompatan ke pembawa helikopter 21.000 ton akan cukup signifikan.

Ruang maritim negara Malaysia yang luas, dengan banyak pulau dan rute pelayaran yang sangat sibuk merupakan lingkungan yang ideal untuk sebuah kapal perang amfibi mid-range.

Angkatan Laut Indonesia menghadapi masalah strategis dan operasional yang sama dengan Malaysia, namun lebih dari itu, selain membutuhkan platform untuk melakukan patroli ruang maritim yang luas, mereka juga harus menjaga kemampuan HA/ DR.

Sebuah kapal serbu amfibi sangat sempurna untuk jenis tugas tersebut, dan HMS Ocean bisa membantu Indonesia mengembangkan keahlian yang diperlukan untuk mengoperasikan next generation warship, sebagaimana dilansir dari The Diplomat (14/04).

Photo : HMS Ocean (Wiki)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s