2018, Kemenhan Dapat Anggaran Paling Besar Rp 106,9 T

Pemerintah menetapkan pagu anggaran tahun 2018 pada 15 kementerian dan lembaga besar. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) tercatat mendapat pagu yang paling besar, yaitu mencapai Rp 106,9 triliun. Setelah itu disusul oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang sebesar Rp 106 triliun.

Meski demikian, jumlah pagu anggaran untuk Kemenhan tahun 2018 lebih rendah dibandingkan tahun ini, yang mencapai Rp 108 triliun. Sedangkan pagu anggaran Kementerian PUPR tahun depan lebih tinggi dibandingkan tahun ini yang hanya Rp 101,5 triliun.

Pagu anggaran untuk Polri tahun 2018 tercatat sebesar Rp 76,5 triliun, lebih kecil dari pagu anggaran tahun ini yang mencapai Rp 84 triliun.

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Askolani tak banyak berkomentar mengenai hal tersebut. Namun menurutnya Kemenhan akan fokus pada peralatan perang dalam rangka mempertahankan negara sehingga mendapatkan anggaran paling besar. Sementara Kementerian PUPR memiliki beberapa program utama di bidang infrastruktur yang menjadi prioritas pemerintah.

“Kemenhan akan fokus pada alutsista (alat utama sistem persenjataan) untuk pertahanan negara,” ujar Askolani, Rabu (12/4).

Photo : Kapal Selam 22 M di Indo Defence 2016 (Ijal Lubis)

Sumber : Kumparan

Editor : (D.E.S)

Advertisements

7 thoughts on “2018, Kemenhan Dapat Anggaran Paling Besar Rp 106,9 T”

  1. Anggaran segitu sepertinya gak akan ada pembelian Alutsista yg heboh karena habis buat gaji pegawai, perawatan dan operasional, sarpras, pelatihan, parade dsb. Kecuali pemerintah “meniru” seperti sebelumnya yaitu ada dana on-top percepatan MEF, diluar anggaran pertahanan (yg masih gabung ama kepolisian),

    Jadi anggaran untuk pembelian bisa dialihkan ke pemeliharaan dan operasional misalnya, atau pemenuhan kelengkapan Alutsista yg masih kurang, apakah leo2A4 dah bisa nembak?, kapal dan pesawat sudah bergigi semua?.

    Litbang, implementasi dari ToT juga memakan dana yang gak sedikit lho.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s