Heli Apache dan Jet Tempur F-16 Tiba Tahun Ini

Peralatan tempur canggih buatan Amerika Serikat (AS) akan segera memperkuat arsenal Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI. Di antaranya adalah, helikopter Apache tipe AH-64E Guardian serta sisa unit jet tempur F-16 C/D yang sebagian sudah tiba di tanah air.

Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph R. Donovan mengatakan, sebagai bentuk kemitraan yang terus dibangun sejak lama antara kedua negara, maka sudah jadi keharusan bagi pemerintah AS untuk turut serta memperhatikan kondisi armada pertahanannya. Apalagi, Indonesia merupakan negara terbesar di kawasan Asia Tenggara.

“Baru-baru ini kami kirim kembali 4 F-16, lengkap dengan senjata dan radar paling modern. Indonesia juga akan segera mendapat heli Apache akhir tahun ini, helikopter tempur tercanggih di dunia, ini bagian dari kerjasama di bidang militer yang terus kami bina,” kata Donovan saat menjelaskan hubungan bilateral antarkedua negara dalam kuliah umum di UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (11/4/2017).

Dubes yang baru bertugas sekira empat bulan di Indonesia itu juga menyebutkan, rangkaian kerjasama militer itu tidak hanya sebatas penjualan alutsista, tapi juga disertai dengan berbagai pelatihan. Hingga saat ini sudah sekira 200 kegiatan militer yang dilakukan antara Indonesia dan Amerika.

“Tahun lalu kita baru saja selesai menggelar latihan bertajuk Cope West di Manado. Ke depannya, saya berharap akan ada latihan serupa, menggunakan alat yang sama (F-16), sesuai dengan kebutuhan di Indonesia,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Mabes TNI AD telah memesan delapan helikopter tempur Apache AH-64E Guardian ke pabrikan Boeing, AS. Kontrak pengadaan alutsista itu mencapai sekira 295,8 juta dollar Amerika.

Photo : AH-64 Apache meluncurkan rudal Hellfire. (Piximus)

Sumber : Okezone

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s