Pangkalan Udara Shayrat Masih Bisa Beroperasi

Hanya satu dari lima hanggar yang hancur. (Reuters)
Hanya satu dari lima hanggar yang hancur. (Foto: Reuters)

Jumat (7/4) dini hari, dunia dikejutkan oleh serangan rudal Amerika Serikat ke wilayah Suriah. Tidak kurang dari 59 misil ditembakkan dengan 2 kapal kelas perusak dalam operasi penyerangan tersebut. Militer AS menargetkan pangkalan udara Shayrat, tempat operasi serangan kimia beberapa hari sebelumnya dilancarkan.

Tujuan serangan memang dikhususkan untuk militer Suriah. Trump memerintahkan sebuah serangan untuk memberi efek jera terhadap Assad. Dilaporkan bahwa setidaknya ada sembilan pesawat tempur rusak, beberapa bangunan fisik juga ikut rusak.

Ada satu landasan pacu yang masih utuh (Reuters)
Ada satu landasan pacu yang masih utuh (Foto: Reuters)

Namun, belum ada 24 jam setelah diserang, serangan rudal AS ternyata tidak menghasilkan kerusakan dan tekanan yang berarti. Menurut laporan yang ditulis oleh Syrian Observatory for Human Rights, sebuah pesawat tempur Suriah lepas landas dari pangkalan Shayrat di Provinsi Homs, Suriah, pada Jumat malam itu juga.

Dari bandara tersebut, angkatan udara Suriah kembali menyerang area yang dikuasai oposisi di wilayah timur Homs.

Belum ada keterangan resmi tentang kerusakan yang terjadi di pangkalan udara Shayrat. Namun laporan pesawat tempur lepas landas tersebut menunjukkan bahwa Shayrat masih bisa digunakan sebagai pusat operasi militer. Tidak ada efek jera yang ditimbulkan. Pangkalan tetap berfungsi sebagai pusat operasi militer.

Menurut analisis dengan melihat citra satelit, kerusakan yang ditimbulkan tidak membuat bandara sepenuhnya lumpuh.

Komplek pangkalan udara yang masih utuh (Reuters)
Komplek pangkalan udara yang masih utuh (Foto: Reuters)

Dari citra satelit di atas, terdapat kerusakan di salah satu hanggar. Namun, Shayrat memiliki 5 hanggar penyimpanan pesawat. Meskipun empat hanggar lainnya mengalami kerusakan, pesawat tempur yang bersandar di dalamnya tetap utuh.

Shayrat memiliki landasan pacu ideal untuk pesawat tempur Sukhoi. Terdapat setidaknya lima landasan pacu. Namun tidak semuanya rusak, ada satu yang masih utuh dan masih bisa digunakan.

Gambar di atas adalah salah satu sisi pangkalan yang terdiri dari tiga hanggar dan satu landasan pacu. Komplek tersebut mendapat serangan rudal tomahawk, tapi citra satelit menunjukkan bahwa kerusakannya tidak terlalu parah.

Sumber : Kumparan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s