Taiwan Berencana Bangun Delapan Unit Kapal Selam

Hai Lung (SS-794) terlihat di pangkalan Angkatan Laut di Kaohsiung, Taiwan, 21 Maret 2017. (REUTERS Tyrone Siu)
Hai Lung (SS-794) terlihat di pangkalan Angkatan Laut di Kaohsiung, Taiwan, 21 Maret 2017. (REUTERS)

Taiwan berencana untuk membuat delapan kapal selam guna memperkuat armada yang mereka miliki saat ini.

Hal ini disampaikan oleh seorang pejabat senior angkatan laut Taiwan pada Rabu (5/4/2017). Menurutnya, saat ini Taiwan memiliki empat kapal selam buatan asing yang sudah tua.

“Dalam proyek kapal selam buatan kami sendiri ini, kami berharap bisa membuat delapan kapal selan,” sebut Lee Tsung-hsiao, Kepala Staf Angkatan Laut seperti dikutip dari Reuters, Rabu (5/4/2017).

Cheng Wen-lon, Pimpinan Galangan Kapal Milik Pemeritah Taiwan yakni CSBC Corp Taiwan, yang telah dikontrak untuk prouksi kapal selam tersebut juga menyebutkan bahwa disain awal akan selesai pada awal 2018 nanti.

Sejumlah pejabat militer dan pertahanan di Taiwan mengatakan bahwa kapal selam pertama dipredisi akan mulai beroperasi dalam 10 tahun mendatang.

Bulan lalu, Presiden Taiwan Tsaing Ing-wen bersumpah bahwa pemerintahannya akan mengembangkan program kapal selam saat dia mengunjungi satu dari empat kapal selam angkatan laut yang dibeli dari Amerika dan Belanda setidaknya 30 tahun lalu.

Sejumlah ahli pertahanan menyebutkan Taiwan belum pernah membuat kapal selam sebelumnya dan harus bergantung pada dukungan teknologi asing untuk bisa memproduksi kapal yang modern.

Proyek kapal Selam Taiwan saat ini sudah dalam tahap kontrak desain selama empat tahun dengan anggaran senilai US$98,69 juta dan telah dimulai sejak 2016.

Sumber : Bisnis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s