Korea Selatan Kembangkan Baterai Kapal Selam

KSS-III  Jangbogo-III
Kapal selam KSS III dengan bobot 3.300 ton yang akan dibangun DSME. (navy recognition)

Militer Korea Selatan berencana membangun tiga lithium-ion (Li-ion) untuk kapal selam pada tahun 2027, ungkap pejabat Defense Acquisition Program Administration (DAPA).

Dilansir dari Korea Times (24/03), Samsung SDI akan membuat baterai. Hanwha Techwin akan mengembangkan sistem dan mengintegrasikannya ke dalam kapal selam yang akan diproduksi Daewoo Shipbuilding dan Marine Engineering (DSME).

Ini adalah proyek jangka panjang untuk menggantikan kapal selam yang telah berusia tua. Angkatan Laut Korea Selatan akan memiliki sembilan kapal selam dengan bobot 3.000 ton yang dilengkapi dengan teknologi dalam negeri dalam satu dekade jika proyek ini selesai sesuai rencana, mengutip pernyataan dari DAPA.

Rencana militer untuk membangun tiga kapal selam bertenaga baterai lead-acid akan direalisasikan pada 2020 dan 2024. Baterai Li-ion terakhir memiliki durasi pemakaian dua kali lebih lama dibandingkan yang pertama, ungkap Samsung SDI. Kuncinya adalah mengembangkan baterai Li-ion canggih yang dapat memasok listrik untuk kapal selam secara konsisten.

“Jika pengembangan baterai lithium-ion untuk kapal selam berhasil, kemampuan navigasi bawah air kapal selam akan sangat meningkat,” kata DAPA. Ini akan memperkuat kapasitas Angkatan Laut Korea Selatan.

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s