Tiga Panser Legendaris Milik Kavaleri TNI AD ‘Turun Gunung’

BTR-40 Retrofit dengan senjatan GPMG 7,62 mm tanpa kubah. (indomil)
BTR-40 Retrofit dengan senjatan GPMG 7,62 mm tanpa kubah. (indomil)

Alutsista milik TNI-AD ikut dilibatkan mengamankan kedatangan istri Presiden RI, Iriana Jokowi dan istri wakil presiden Mufidah Jusuf Kalla di Pekanbaru Provinsi Riau, Rabu (29/3/2017).

Tak tanggung-tanggung, kali ini yang ambil bagian adalah Panser legendaris milik Kavaleri TNI-AD, yakni BTR (Bronetransporter) – 40. Ada tiga unit Panser yang diturunkan untuk mengamankan agenda kunjungan Ibu Negara itu.

Salah satu BTR-40 terlihat parkir di GOR Tribuana, Jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru. Sementara dua lagi disebar di lokasi lain, yang turut didatangi rombongan istri presiden RI tersebut. Tak ayal, parkirnya Panser legendaris ini dijadikan ajang foto-foto.

Tak sedikit siswa/i yang menyempatkan diri mengabadikan foto Panser buatan Russia tersebut. Mereka juga dapat kesempatan gratis melihat dari dekat, seperti apa rupa di dalam kendaraan perang tangguh berusia sepuh tersebut.

BTR-40 ini juga dilengkapi senjata mesin CIS Carrabine yang bisa memuntahkan puluhan peluru. Meski terlihat sedikit tua, namun kemampuannya tak bisa dipandang remeh dan jadi kendaraan taktis berpenggerak roda 4×4 andalan Kavaleri.

Panser itu milik Kavaleri Pasir Putih. Sekali jalan BT-40 bisa mengangkut 10 orang prajurit di dalamnya. Jarang-jarang kendaraan tempur ini turun, lantaran memang hanya dilibatkan untuk pengamanan tamu VVIP, salah satunya ibu negara.

Selain Panser, tampak pula satu unit kendaraan taktis Barracuda milik Polri di GOR Tribuana. Lalu ada pula kendaraan Jibom milik Gegana. Semuanya terparkir gagah di sini.

Rencananya ibu negara akan melakukan sosialisasi narkoba kepada 1.600 siswa/i, mulai dari SMP hingga SMA.

Sumber : Go Riau

Editor : (D.E.S)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s