Uji Kehandalan Sea Rider Baru di Perairan Makassar

Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Yusup,SE,.MM., setelah mendapat Dukungan Alat Utama Sistem Senjata (Alusista) baru berupa 2 unit Sea Rider langsung  mengambil  langkah nyata  dengan melakukan uji coba kehandalan Sea Raider bertempat di Fasharkan Makassar,Jum’at (24/3/2017).

Dalam uji coba tersebut, Danlantamal VI  langsung menjajal  kehandalan sea rider Lantamal VI yang memiliki kecepatan hingga 25 knots ini. Kegiatan uji coba  dilaksanakan  mengelilingi Perairan Makassar selama sekitar satu  jam dengan tingkat kecepatan dari rendah sampai kecepatan maksimal.

Keunggulan Sea Rider adalah memiliki kecepatan dan kelincahan untuk mendekati sasaran, sehingga sangat cocok digunakan untuk mendukung kegiatan patroli, menindak  aksi kejahatan di Laut.

Dukungan dua sea rider dari Mabes TNI AL  yang juga Alutsista baru  merupakan upaya  sangat positif dari pemimpin TNI AL dalam rangka meningkatkan eksistensi Lantamal VI dalam menjaga keamanan perairan di wilayah Makassar.

Sea rider baru milik Lantamal VI ini memiliki panjang 7,5 meter dan lebar 3 meter. Sea rider ini mampu mengangkut delapan orang anggota  untuk melaksanakan patroli.

Memiliki daya bobot sebesar 2.200 kg, sea rider ini mampu mencapai kecepatan maksimum 25 knots yang dihasilkan dari mesin Yamaha 2 x 85 HP. Sea rider yang dilengkapai sistem GPS cangih ini mampu melakukan pendeteksian dan pengejaran terhadap kapal-kapal yang melakukan pelanggaran.

“Dari hasil uji coba yang berlangsung selama satu jam ini, saya perintahkan  untuk segera melibatkan sea rider ini dengan unsur patroli Lantamal VI dalam setiap kegiatan patroli untuk mengamankan perairan Makassar dan ALKI II” tegas orang nomor satu di Lantamal VI ini.

Dalam kegiatan uji coba Sea Rider tersebut turut mendampingi Komandan Lantamal VI, Wadan Lantamal VI, Aslog Danlantamal VI, Dandenma Lantamal VI, Danyonmarhanlant VI dan Dansatkamla Lantamal VI.

Photo : Uji Kehandalan Sea Rider Baru di Perairan Makassar (defence.pk)

Sumber : Pen Lantamal VI TNI AL

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s