Peruan dan Boom Kapal Layar Latih Bima Suci Terpasang

KRI Bimasuci (Javier JAC) 2
KRI Bima Suci (Javier JAC)

Diawal musim semi di Negara Spanyol ini, pemasangan Tiang peruan atau yards pada Tiang Haluan (Fore mast) dan Tiang Utama (Main mast) Kapal Layar Latih (KLL) Bima Suci sudah terpasang di Dermaga Pelabuhan Umum Kota Vigo, Spanyol (23/3).

Pemasangan Peruan-peruan diawali dengan Upper Gaff, Lower Gaff dan Boom pada Tiang Buritan (Mizzen mast) pada minggu kedua Maret 2017.

Proses pemasangan Peruan ini dilakukan setiap hari selama kurang lebih dua minggu oleh para pekerja Detlev Loell dan Galangan serta diawasi langsung pemasangannya oleh Komandan Satgas Yekda Kapal Layar Latih Laksamana Pertama TNI Sutarmono, M. Si. Han. beserta Staf Satgas.

Tiang-tiang yang tersimpan di Galangan Kapal Freire dibawa dengan menggunakan Kapal Tongkang menuju Dermaga Pelabuhan Kota Vigo, tempat bersandar sementara dari KLL Bima Suci.

Peruan dari KLL Bima Suci ini berbeda dengan Peruan yang dimiliki oleh KRI Dewa Ruci pendahulunya, dimana KLL Bima Suci tipe Bark/Barq memiliki 6 (enam) buah Peruan pada Tiang Haluan dan Tiang Utama sedangkan KRI Dewa Ruci yang bertipe Barquentine hanya memiliki 5 (lima) buah Peruan di Tiang Haluan.

Proses pemasangan Peralatan dan Perlengakapan Layar ini direncanakan selesai pada Awal April 2017, dilanjutkan dengan penyempurnaan akomodasi dan peralatan navikom serta peralatan Anjungan lainnya.

Sumber : Pen TNI AL

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s