155 Anggota Kelompok Bersenjata Kembali Mengakui NKRI

Bupati Puncak, Willem Wandik (kiri) menyerahkan bendera merah putih ke pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata dari kelompok Sinak-Yambi, Utaringgen Telenggen (kanan)
Bupati Puncak, Willem Wandik (kiri) menyerahkan bendera merah putih ke pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata dari kelompok Sinak-Yambi, Utaringgen Telenggen (kanan). (istimewa)

Utaringgen Telenggen, pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata dari kelompok Sinak-Yambi, beserta 154 orang pendukungnya, akhirnya menyerahkan diri ke Makoramil 1714-04/Sinak, di Puncak Jaya, Papua, pada Rabu pekan lalu (15/3).

Danramil 1714-14/Sinak Lettu Inf. Yusuf Rumi, menyebutkan Utaringgen Telenggen dan 154 pendukungnya, sudah kembali mengakui Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Mereka menyerahkan diri juga untuk meminta jaminan keamanan dari aparat TNI dan Polri,” ujarnya.

Mereka yang menyerahkan diri itu antara lain berasal dari Kampung Weni dan Kampung Rumagi Distrik Mageabume, Kabupaten Puncak Jaya yang merupakan daerah perbatasan dengan Distrik Yambi Kabupaten Puncak Jaya.

Utaringgen Telenggen dan 154 orang pendukungnya adalah mantan anggota kelompok bersenjata wilayah Yambi-Sinak, pimpinan Lekagak Telenggen dan Gombanik Telenggen.

“Mereka memutuskan untuk tidak lagi bergabung dan memilih untuk menyerahkan diri, karena kecewa tidak dapat apa-apa,” katanya.

Pada Senin lalu (20/3), Lettu Inf. Yusuf Rumi kemudian menemani Utaringgen Telenggen dan 154 pendukungnya, menemui Bupati Puncak, Willem Wandik, di kantor Kas BPD Papua.

Kepada sang bupati, Utaringgen Telenggen menyampaikan keinginanya kembali ke pangkuan NKRI, meminta jaminan keamanan dan meminta dibuatkan rumah honai yang layak.

Pada kesempatan itu Bupati Kabupaten Puncak menyerahkan bendera Merah Putih kepada Utaringgen Telenggen yang datang bersama 154 orang pendukungnya, sebagai simbol telah kembalinya kelompok tersebut Pangkuan NKRI.

Sumber : Tribunnews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s