Kenapa AS Gunakan Sukhoi Su-27?

Sebuah jet tempur Angkatan Udara AS dilaporkan terlihat melakukan latihan tempur udara dengan Sukhoi Su-27 buatan Rusia di langit Nevada, AS. Sang saksi mata bisa jadi salah mengidentifikasi tipe pesawat itu, tapi sebenarnya memang ada pesawat Su-27 dan sampel perlengkapan militer Soviet lainnya yang dibeli secara tak resmi di AS. 

Sebuah “Sukhoi Su-27P” telah dilibatkan dalam sesi latihan tempur udara dengan F-16 milik Angkatan Udara AS di langit Nevada, demikian kabar tersebut dilaporkan The Daily Mail, mengutip keterangan seorang saksi mata.

Sang fotografer amatir mengambil gambar kejadian itu pada 8 November 2016. Ia bersikeras bahwa yang menjadi lawan F-16 saat itu adalah jet tempur berkursi tunggal buatan Rusia, Su-27P. The Daily Mail percaya bahwa pesawat itu adalah satu dari beberapa Su-27P yang dibeli dari negara-negara bekas Uni Soviet.

Pertempuran Udara Jarak Dekat

Pertempuran udara tersebut dilakukan di ketinggian 6.000 meter.

“Sekarang semua tahu bahwa dengan senjata misil berpresisi, pertempuran udara jarak dekat tidak diperlukan lagi karena musuh dapat diserang dari jarak jauh,” ujar Dmitry Safonov, seorang analis militerIzvestia kepada RBTH. “Namun begitu, pertempuran udara jarak dekat dapat mengasah kemampuan si pilot, serta menguji coba kemampuan pesawat mereka dan tiruan pesawat musuh.”

Safonov mengatakan bahwa AS memang pernah membeli beberapa perlengkapan militer Rusia dari daerah-daerah bekas Uni Soviet. Pada 1997, Washington membeli jet tempur MiG-29 dari Moldova supaya jet itu tidak jatuh ke tangan Iran. Beberapa Su-27 dibeli dari Belarus dan Ukraina pada pertengahan 1990-an dan 2000-an untuk kepentingan latihan pilot Angkatan Udara AS.

“Semua pesawat ini dibeli secara tidak resmi dan kemudian dipelajari oleh pakar-pakar AS,” kata Safonov menjelaskan. “Ini karena meningkatnya jumlah penggunaan Su-27 di dunia. Angkatan bersenjata suatu negara perlu tahu kekuatan dan kelemahan calon musuh mereka.”

Selain di Rusia, Su-27 saat ini dioperasikan di India, Malaysia, Venezuela, Aljazair, dan banyak negara lain, ujar Safonov. Sementara, pesawat Su-27 yang AS beli tidak digunakan untuk menjalankan misi tempur. Fungsi tempur pesawat ini telah dikurangi.

Photo : Su-27 Rusia (istimewa)

Sumber : RBTH

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s