François Hollande Datang untuk Bicarakan Penanggulangan Teror

francois-hollande-reuters
François Hollande (reuters)

Sejumlah kerjasama baru antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Prancis dalam bidang terorisme, akan disepakati saat Presiden Prancis François Gérard Georges Nicolas Hollande, berkunjung ke Indonesia. 

Direktur I Eropa, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Dino R. Kusnadi, menyampaikan bahwa Indonesia dan Prancis adalah negara yang sama-sama punya permassalahan dengan terorise dan radikalisme.

Oleh karena itu sudah pasti kedua negara akan bekerjasama, untuk memberantas permasalahan tersebut.

“Sebagai negara yang pernah punya pangalaman dengan terorisme, tentunya akan diakukan sharing (red: berbagi) pengalaman terkait maslaah ini, untuk kepentingan kedua negara,” ujar Dino R. Kusnadi kepada wartawan di kantor Kemenlu, Jakarta Pusat, Kamis (23/3/2017).

Presiden Prancis yang juga ditemani oleh Menteri Pertahanan Prancis, Jean-Yves Le Drian, juga akan membicarakan kerjasama yang bisa memperkuat kedua negara dalam bidang pertahanan.

Salah satu yang diagendakan adalah dalam bidang pasukan perdamaian.

“Secara umum kerjasama pertahanan, sudah dari dulu kita memiliki kerjsama dengan Pranncis. Memang selain pertahanan terkait alutsista, juga kerjasama yang sudah dihadapkan dengan Indonesia, ‘Peace Keeping Operation’ (operasi menjaga perdamaian),” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Juru Bicara Kemenlu, Arrmanatha Nasir, menambahkan bahwa saat Presiden Prancis berkunjung ke Indonesia, juga akan dibicaraan mengenai kapasitas Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia.

“Kita akan sharing pengalaman itu,” ujarnya.

Sumber : Tribunnews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s