Kerjasama Teknis Muatan Roket RX-320

Jakarta, 23 dan 24 Februari 2017 Pusat Teknologi Roket LAPAN mengadakan kerjasama teknis muatan roket RX-320 dengan TU Berlin di Hotel Mercure Ancol, Jakarta.Kegiatan kerjasama ini bertujuan untuk penguatan penguasaan teknologi roket terutama pada teknologi sistem separasi nosecone dan payload yang digunakan untuk on-board health monitoring maupun pengukuran parameter atmosfer.

Pusat Teknologi Roket bertanggung jawab atas pengembangan wahana peluncuran yang akan dipakai untuk membawa muatan berisikan sensor pengukur parameter atmosfer dan sensor-sensor sitem telemetri dan navigasi roket.

Pada hari pertama Kepala Pusat Teknologi Roket, Drs. Sutrisno, M.Si membuka acara dengan memaparkan pentingnya kerjasama ini dalam peningkatan penguasaan teknologi roket. Dr. Rika Andiarti sebagai Deputi Teknologi Penerbangan dan Antariksa menyampaikan paparanya tentang manfaat kerjasama ini.

Ir. Lilis Mariani, M.Eng berperan sebagai pembawa acara dan moderator dalam acara ini. Dua orang narasumber dari pihak TU Berlin, Sebastian dan Julius dihadirkan untuk memaparkan kegiatan yang sudah dilakukan pada kerjasama muatan roket RX-320 ini. Pemaparan juga disampaikan oleh perwakilan dari LAPAN yaitu Hendra Gantina, Welly Pasadena dan Endro Artono dari Pusat Teknologi Roket menyampaikan paparan tentang sistem separasi payload.

Rahmat dari Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer menyampaikan tentang pengukuran atmosfer. Dalam acara ini juga disampaikan rencana peluncuran pada tahun 2018 yang akan mendatang. Hari kedua diisi dengan pembahasan kontrak 2017 dari pihak Pusat Teknologi Roket LAPAN dengan pihak TU Berlin dan pembahasan antisipasi kesulitan administrasi barang hasil kerjasama.

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan LAPAN khususnya Pusat Teknologi Roket memperoleh teknologi sistem separasi nosecone, payload on-boar health management dan payload pengukur parameter atmosfer roket sonda RX-320 serta sistem ground station sebagai tahap penelitian dasar untuk mendukung program roket pengorbit satelit dimasa yang akan mendatang.

Photo : RX-320 (Lapan)

Sumber : Lapan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s