A330 MRTT, Pesawat Tanker Multi Peran

Pesawat A330 MRTT merupakan salah satu patokan untuk pesawat tanker multi-peran dan transportasi. A330 MRTT mampu melakukan misi pengisian bahan bakar di udara (Refuelling Mission), mengangkut penumpang dan transportasi kargo dengan satu pesawat dan tanpa kompromi.

Refuelling Mission

A330 MRTT dapat membawa 111 ton bahan bakar untuk mengisi bahan bakar pesawat lainnya, yang merupakan kapasitas tertinggi dari semua pesawat yang tersedia saat ini di pasaran. Dalam sebuah misi, MRTT dapat memuat hingga 50.000 kg dan terbang selama 4 jam dengan menempuh jarak lebih dari 1.000 nm dari pangkalan militer.

Transport Mission

A330 bisa memuat hingga 37 ton yang terbagi dalam 8 kontainer LD3 di kompartemen kargo dan masih mampu melakukan pengisian bahan bakar pesawat lain serta mengangkut penumpang dalam satu kali misi yang sama. Tidak seperti kompetisi A330 MRTT yang lain, pesawat ini tidak memerlukan tangki bahan bakar tambahan dan memiliki satu baris kursi tambahan untuk meningkatkan efektivitas.

A330 mampu membawa 300 penumpang (ditambah 8 palet) dan terbang hingga 8.400km. Pesawat ini juga mampu melakukan evakuasi medis sampai dengan 130 tandu ditambah kursi untuk Medical Personal.

Deployment Mission

Misi lain yang dapat diemban pesawat ini adalah penyebaran pesawat tempur jarak jauh. A330 MRTT mendukung penyebaran 4 unit pesawat tempur ditambah 50 personil (staf teknis) dan 12 ton barang (bagasi, suku cadang dan peralatan) dalam satu penerbangan langsung dengan menempuh jarak lebih dari 5.200km, misalnya dari Eropa ke Afghanistan, dilansir dari Airbus Defence and Space.

Photo : A330 MRTT dalam misi pengisian bahan bakar di udara. (Airbus)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s