A400M Akan Unjuk Kemampuan di Indonesia

Airbus saat ini sedang dalam proses menerbangkan A400M Atlas ke Indonesia dalam rangka unjuk kemampuan platform, sumber-sumber di Angkatan Bersenjata Republik Indonesia telah mengkonfirmasi perihal tersebut kepada Jane’s pada tanggal 1 Maret.

Pesawat akan mendarat di Halim Perdanakusuma di dekat Jakarta Selatan, di mana fitur platform akan diperkenalkan kepada pejabat pemerintah dan militer senior pada tanggal 6 Maret.

A400M saat ini dikejar oleh Jakarta untuk meningkatkan kemampuan airlift militer Indonesia. Pada Januari 2017, Jane’s memberitakan bahwa Komisi Pertahanan, Intelijen, dan Hubungan Luar Negeri (Komisi I) telah menyetujui anggaran senilai USD 2 miliar untuk pengadaan hingga lima unit platform A400M, meskipun kontrak akuisisi belum diwujudkan.

Pendanaan telah dialokasikan dimana tiga unit pesawat terakhir akan dirakit di fasilitas PT Dirgantara Indonesia. Ini dilakukan untuk mentransfer keahlian bagi pelaku industri dirgantara lokal. Setelah kontrak terwujud, A400M diharapkan dipesan dalam konfigurasi transport dan utilitas.

Sesuai dengan spesifikasi teknis yang diberikan oleh produsen pesawat, A400M dapat menampung muatan hingga 37 ton, dengan volume 340 m³, jika dikonfigurasi untuk tugas logistik.

Platform ini juga dapat membawa sampai 116 tentara lengkap atau pasukan terjun payung jika mereka duduk di empat baris longitudinal, dalam konfigurasi transport militer.

Ketika diterbangkan dengan muatan maksimum, A400M memiliki jangkauan operasi hingga 1.780 n mil (3.300 km).

Photo : A400M ZM403 Royal Air Force (airplane pictures)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s