Pendekatan Pasar Russian Helicopters di Asia

Divisi pemasaran Russian Helicopters menargetkan sektor purna jual di Asia setelah mereka melihat potensi pertumbuhan yang sangat baik.

Produsen Russian Helicopters memiliki tingkat penjualan yang rendah di Asia. Tidak ada kontrak besar pada saat ini, dan prospek penjualan helikopter baru akan dilakukan dalam waktu dekat.

Dilansir dari Shephard Media (13/01), Kontrak terbaru di wilayah ini adalah pengiriman enam Mi-171Sh assault transport helicopters dan satu Mi-171 untuk transportasi VIP yang ditandatangani pada bulan April 2015 dengan Bangladesh. Pengiriman ini dilaporkan akan selesai pada November 2016.

Thailand adalah salah satu calon pelanggan yang paling potensial di wilayah ini, negara ini telah membeli enam Mi-17V-5.

Sebuah kontrak pada awal tahun 2016 menguraikan penjualan lebih dari sepuluh unit helikopter, yang akan digunakan untuk assault transport. Tidak ada informasi apakah kesepakatan itu telah ditandatangani atau belum, namun tanda tangan kontrak ini diharapkan berlangsung pada tahun 2017 .

Indonesia sekarang dilihat sebagai salah satu pelanggan yang paling menjanjikan untuk Russian Helicopters di kawasan ini.

Negara ini menyatakan minatnya terkait pembelian Mi-26 heavy lift helicopters untuk militer. Hal ini terungkap pada bulan Desember 2016, ketika delegasi tingkat tinggi Indonesia mengunjungi Rusia untuk melakukan tur di pabrik helikopter.

Mi-26 dianggap sebagai jenis helikopter transportasi angkut berat yang cocok untuk penerbangan militer. Indonesia  sebelumnya telah mengoperasikan 14 Mi-17, termasuk enam unit versi terbaru, Mi-17V-5, pada tahun 2011.

Saat ini, Indonesia memiliki kontrak dengan Russian Helicopters untuk perbaikan lima helikopter serang Mi-35P di 150 Arz, yang merupakan divisi pemeliharaan, perbaikan dan overhaul perusahaan yang terletak di distrik Kaliningrad.

Korea Selatan dianggap sebagai salah satu pasar yang paling penting untuk layanan purna jual Russian Helicopters, dengan pembukaan kantor pusat resmi pertama di sana pada Januari 2014.

Perusahaan patungan antara Russian Helicopters dan LGI ditujukan untuk memberikan dukungan pelayanan kepada armada 70-plus helikopter Ka-32 yang dioperasikan di negara ini.

Pada bulan Mei 2016, Helikopter Rusia menunjuk perusahaan Korea lain, RH Focus Group, sebagai mitra untuk mendirikan pusat layanan khusus lain di negeri ini. Dalam kerangka kemitraan ini, RH Focus Group akan bertindak sebagai agen untuk penjualan suku cadang dan layanan teknis meliputi spektrum penuh dari dukungan Ka-32 dan Mi-17 di Korea.

Pasar penting lain adalah Vietnam, di mana pada September 2016, Russian Helicopters bekerja sama dengan pusat layanan lokal, Helitechco, terkait dengan overhaul untuk helikopter sipil seri Mi-8/ 17. Prospek selanjutnya adalah untuk mendapatkan persetujuan perbaikan helikopter militer milik Kementerian Pertahanan Vietnam.

Myanmar adalah calon pelanggan lain di Asia, yang diharapkan menandatangani kontrak di masa mendatang untuk Mi-17V-5.

Selain itu, Myanmar bergantung sepenuhnya pada Russian Helicopters untuk perbaikan helikopter tempur dan transportasi, dengan kontrak terakhir meliputi empat Mi-24P, yang ditandatangani pada tahun 2015 dan diharapkan akan selesai pada semester pertama 2017.

Photo : Mi-26T2 Naumenko (wiki)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s