Angkatan Udara AS Pensiunkan MQ-1 Predator Tahun 2018

Angkatan Udara AS sedang mempersiapkan diri untuk menarik keluar MQ-1 Predator yang akan digantikan dengan MQ-9 Reaper pada tahun 2018.

Dilansir dari UPI (24/02), Dengan pensiunnya Predator pada tahun 2018, MQ-1 akan mengakhiri pengabdianya selama 21 tahun terhadap Angkatan Udara. Platform ini mendukung intelijen, misi pengawasan dan pengintaian serta serangan yang menargetkan wilayah musuh.

Pejabat Angkatan Udara menunjukan bahwa MQ-9 Reaper lebih modern dibandingkan MQ-1 Predator. MQ-9 Reaper didukung dengan peralatan yang lebih baik dan memiliki fitur operasional yang secara keseluruhan jauh lebih unggul.

“Sekarang rencananya adalah menghentikan penerbangan MQ-1 pada tahun 2018, dan itu berarti kita perlu mendapatkan penggantinya tahun ini,” kata Letnan Kolonel James.

MQ-9 Reaper
MQ-9 Reaper (istimewa)

MQ-1 Predator merupakan sistem pesawat tanpa awak jarak jauh yang mampu melakukan misi 24 jam, dilengkapi dengan Multi-Spectral Targeting System dan rudal udara-ke-darat Hellfire. Predator memiliki kapasitas muatan 450 pon, terbang setinggi 25.000 kaki, dan mampu mencapai kecepatan jelajah sekitar 84 mil per jam.

MQ-9 Reaper yang juga dibangun oleh General Atomics, memiliki kapasitas muatan 3.750 pon, terbang setinggi 50.000 kaki, dan mampu mencapai kecepatan jelajah sekitar 230 mil per jam.

“Saya pikir, ketika kita melihat MQ-1, kita akan menggaruk kepala kita, bertanya-tanya bagaimana kita bisa melakukan begitu banyak hal dengan kemampuan (MQ-1) yang terbatas,” kata Komandan Grup Operasi 432, Kolonel Joseph.

Photo : MQ-1 Predator (wiki)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s