F-16 Hanya Akan Dibangun di AS

Pelanggan F-16 di masa depan akan mendapat pengiriman pesawat dari Amerika Serikat, ungkap seorang eksekutif Lockheed Martin. Pernyataan tersebut menyiratkan akhir dari lisensi pembangunan pesawat di luar negeri.

Rick Groesch, wakil presiden regional Lockheed, seperti dikutip di gelaran IDEX 2017, di Abu Dhabi kemarin, “Untuk pelanggan berikutnya, kami akan menjual F-16 yang sepenuhnya kami bangun di Amerika Serikat.”

Lockheed Martin di masa lalu telah merakit F-16 di Turki, Belgia dan Belanda. Namun pemerintahan Trump fokus pada menjaga ketersedian lapangan pekerjaan di Amerika, perusahaan-perusahaan AS harus menyusun ulang strategi ekspor mereka.

Dilansir dari Defense World (22/02), Pergeseran kebijakan menempatkan tanda tanya besar atas Lockheed Martin dan juga Boeing untuk memproduksi F-16 dan pesawat F / A-18 di India di bawah program ‘Make in India’. Kedua perusahaan berada pada jalur pembicaraan untuk memproduksi F-16 dan F / A-18 di India untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Udara India serta untuk ekspor mereka dari India.

Lockheed menawarkan diri untuk menggeser pabrik F-16-nya ke India dan menggunakan ruang untuk memenuhi permintaan F-35, sementara Boeing menawarkan pembangunan pabrik modern di India untuk memperoleh pesanan sekitar 100 pesawat.

Lockheed Martin juga mengincar program upgrade F-16 dengan pelanggan Timur Tengah seperti UEA dan Mesir selain menyelesaikan pasokan 5-6 pesawat dari 30 pesawat yang dipesan Irak.

Photo : F-16 TNI AU (jeff prananda)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s