Angkatan Udara Indonesia Tertarik dengan LCA-Tejas?

Menurut laporan media India, Pemerintah Indonesia melalui jalur resmi telah meminta pemerintah India untuk memberikan rincian pengembangan jet tempur LCA-Tejas.

Dengan demikian, India berencana untuk menjelaskan secara singkat kepada Angkatan Udara Indonesia mengenai aspek teknis LCA-Tejas yang akan ditindaklanjuti dengan usulan rinci jika Angkatan Udara Indonesia tertarik melakukan pembelian LCA-Tejas.

Dilansir dari IDRW (10/02), Angkatan Udara Indonesia sedang mencari jet tempur untuk menggantikan Northrop F-5E Tiger II yang diperoleh pada tahun 80-an. Sebagai syarat, produsen diminta mengirimkan 16 unit pesawat tempur dengan nilai sekitar USD 1,5 miliar untuk TNI AU.

Angkatan Udara Indonesia telah mendapat penjelasan dari SAAB tentang jet tempur Gripen C/ D dan juga mendapat penawaran pesawat tempur versi terbaru, Gripen E, yang diluncurkan oleh perusahaan pada bulan Mei di pabrik produksi Linköping tahun lalu.

Angkatan Udara Indonesia juga mengoperasikan 16 pesawat tempur campuran Su-27SK/ SKM dan Su-30MKK/ MK2. Selain itu, Indonesia juga sangat tertarik dengan Sukhoi-35.

Photo : Tejas (istimewa)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s