Inhan Promosi Alutsista di Afrika Selatan

Indonesia dan Afrika Selatan memperkuat kerjasama ekonomi, diplomat Indonesia telah mengungkapkan perihal tersebut, sebagai delegasi negara dan pelaku bisnis untuk meningkatkan kehadiran Indonesia di benua Afrika.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi berada di Cape Town pada hari Senin untuk melakukan pembicaraan bilateral dengan mitranya dari Afrika Selatan. Dia mendorong perusahaan milik negara yang ikut dalam rombongannya untuk mengambil peluang perdagangan dan investasi yang tersedia di Afrika Selatan.

“Afinitas historis Indonesia dengan Afrika Selatan bisa menjadi dasar yang kuat untuk mengembangkan kerjasama ekonomi yang saling menguntungkan,” kata Retno.

Dilansir dari The Jakarta Post (8/2), Retno mengatakan telah melakukan kesepakatan dengan Menteri Hubungan Internasional dan Kerjasama Afrika Selatan, Maite Nkoana-Mashabane, untuk menyelesaikan rencana Strategic Partnership kedua negara tahun 2017-2021, yang akan bertindak sebagai dasar kerjasama ekonomi di masa depan.

Setelah itu, Retno berbicara pada sebuah forum bisnis Afrika Selatan-Indonesia, mengundang pebisnis lokal dari sektor energi, jasa pengiriman, dan industri strategis, serta agen perjalanan dan importir mebel serta bahan makanan, untuk melakukan “perdagangan, investasi dan tur” ke Indonesia.

“Pebisnis Indonesia dan Afrika Selatan harus mengambil keuntungan dari hubungan politik yang sangat baik untuk mewujudkan perdagangan yang saling menguntungkan dan mengambil peluang investasi,” katanya kepada peserta.

Forum ini juga dihadiri oleh perwakilan dari perusahaan-perusahaan industri strategis milik negara termasuk PT Dirgantara Indonesia, pembuat senjata PT Pindad dan pembuat kapal PT PAL.

Daniel Tumpal Simandjuntak, Direktur Departemen Luar Negeri untuk urusan Afrika, mengungkapkan bahwa PT Pindad telah menawarkan kendaraan lapis baja angkut personil Anoa 6×6, sementara PT PAL mempromosikan kapal cepat rudal KCR-60.

Anggota Kamar Dagang Indonesia dan Industri (Kadin) dan Eximbank juga hadir, melengkapi promosi dari rombongan.

Photo : Anoa 2 Uji Jelajah 2017 (@asepsupriatna159)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s