India Memberikan Pelatihan Kapal Selam ke Indonesia

India telah setuju untuk memberikan pelatihan kapal selam ke Indonesia sebagai bagian dari upaya bilateral untuk diversifikasi kerja sama pertahanan.

Selama kunjungan Menteri Pertahanan Mohan Kumar ke Asia Tenggara, kedua negara juga sepakat untuk bekerja sama di bidang manufaktur pertahanan dan memperluas kerjasama militer. Mr Kumar mengunjungi Indonesia pada 17-18 Januari dan Singapura pada tanggal 19 Januari.

Dilansir dari The Hindu (9/2), India sudah melatih pelaut Vietnam dalam mengoperasikan kapal selam kelas Kilo dan pilot pesawat tempur Su-30, dimana platform Rusia tersebut dioperasikan dalam jumlah besar di India. Langkah ini juga cocok dengan keterlibatan India yang lebih besar dengan kawasan sebagai bagian dari kebijakan ‘Act East’ nya.

“Pada hubungan militer ke militer, kehadiran pelatihan Angkatan Darat telah diperluas ke tingkat perusahaan. Kedua belah pihak telah sepakat untuk memulai latihan Angkatan Udara dan juga memperluas kerjasama maritim, yang meliputi pelatihan kapal selam Angkatan Laut dan sebagainya,” kata narasumber pertahanan, Rabu.

Sumber mengamati bahwa industri pertahanan Indonesia memiliki kekuatan di beberapa sektor dan, seperti di India, sebagian besar didominasi oleh Sektor Usaha Publik. “Kita bisa melakukan (membangun) beberapa komponen dan sub-rakitan untuk mereka. Mereka juga tertarik pada beberapa teknologi,” kata narasumber. Dimana diskusi terkait masalah itu sedang berlangsung.

Presiden Indonesia Joko Widodo mengunjungi India pada bulan Desember tahun lalu dan kedua belah pihak telah sepakat untuk “menyimpulkan Perjanjian Kerjasama Pertahanan bilateral substantif” dan “mengeksplorasi kolaborasi antara industri pertahanan untuk melakukan produksi bersama peralatan dengan transfer teknologi.”

Photo : KRI Naggala 402 (yeriwahyudi)

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s