Prajurit Terbaik AL yang Akan Awaki Kapal Selam

Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Lait (Kodiklatal) tengah menyiapkan prajurit terbaiknya. Mereka tengah dilatih khusus untuk mengoperasikan kapal selam.

Tidak main-main, kapal selam itu adalah kapal selam tercanggih yang pernah dimiliki TNI AL. Ini akan menjadi alutsista yang membanggakan.

“Ini adalah kapal selam impor. Sekitar Juli tiba di sini,” kata Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Tri Wahyudi, usai melantik sejumlah Direktur di lingkungan Kodiklatal, Kamis (2/2/2017).

Sayang, Tri enggan menyebutkan detail kapal selam impor yang dimaksud, termasuk negara asal kapal selam itu dibuat juga belum mau menyebutkan.

“Yang jelas kami akan pilih prajurit terbaik untuk menjadi awak kapal selam. Perwira terbaik pula yang akan menjadi Komandan kapal selamnya,” kata Tri.

Dia yakin dengan pendidikan dan latihan yang sudah dikembangkan di Kodiklatal (sebelumnya bernama Kobangdikal), prajurit TNI AL bisa mengikuti tuntutan era dan teknologi alutsista.

Hal itu pula yang ditelankan saat melantik sejunlah direktur di Kodiklatal. Beban kerja semakin meningkat. Kodiklatal juga harus berbenah.

“Harus terus divalidasi organisasi ini. Mendidik prajurit TNI AL yang bisa menjawab tantangan dan tuntutan era,” tambah Tri.

Saat ini tengah dikembangkan transfer ilmu dan teknologi global. Tidak hanya latihan perang bersama negara asing, tapi juga kerja sama intenasional di bidang Diklat.

“Kami juga telah mengikuti laihan perang dengan senjata nuklir dan kimia. Ini sudah menjadi tuntutan kami,” tandas Tri.

Sedang pelaksanaan pengukuhan dan pelantikan para direktur itu dipimpin secara militer oleh Tri Wahyudi selalu inspektur upacara pelantikan.

Para Direkitur di lingkungan Kodiklatal yang dilantik itu di antaranya Direkitur Pendidikan dan Latihan ((Dirdiklat) Laksma TNI Gregorius Agung. Kemudian Direktur Doktrin (Dirdok), Laksma TNI Irwan Achmadi.

Direktur Pengkajian dan Pengembangan (Dirjangbang) Laksma TNI Tunggul Suropati dan Direktur Umum (Durung) Kolonel Laut Bernhard Setia Budi. Selain itu juga dilakukan setijab sejumlah Komandan di lingkungan Kodiklatal.

Photo : KRI Nagapasa 403 (Kaskus Militer)

Sumber : Surya

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s