Swedia Aktifkan Kembali Sistem Pertahanan Pesisir RBS15 Berbasis Mobile

Angkatan Bersenjata Swedia mengaktifkan kembali Sistem Pertahanan Pesisir RBS15 Berbasis Mobile di pantai Baltik, setelah sekitar 16 tahun dihentikan karena pemotongan anggaran.

Laksamana Thomas Engevall, Kepala Logistik Pertahanan Angkatan Bersenjata Swedia yang bertanggung jawab untuk akuisisi materiil dari Sweden’s Defence Materiel Administration (FMV) mengatakan kepada IHS Jane bahwa angkatan bersenjata mengeluarkan ‘challenge’ kepada Saab Dynamics pada awal tahun 2015 untuk menguji kelayakan dalam mengaktifkan dan membangun kembali sistem pertahanan pesisir asli berbasis RBS15M3 ke operasional acceptable-standard dalam jangka waktu satu tahun.

“Saab ditantang di musim semi 2015 untuk melihat ke dalam apakah ini bisa dicapai atau tidak. FMV memberikan kontrak dan setahun kemudian kami dapat menembakannya. Jadi dibutuhkan waktu satu tahun untuk merealisasikan tantangan itu, namun kontrak ditandatangani sedikit lebih cepat dari tantangan yang telah diberikan, jadi sebenarnya waktu kontrak sedikit lebih cepat dari satu tahun,” kata Engevall.

Untuk memacu inisiatif ini, kata Engevall, pemerintah memberikan instruksi prioritas tinggi untuk secara signifikan meningkatkan kemampuan operasional di seluruh Angkatan Bersenjata Swedia pada tahun 2020.

Sementara pengaktifan kembali Sistem Pertahanan Pesisir RBS15 Berbasis Mobile untuk Angkatan Laut Swedia tidak langsung ditentukan dalam instruksi, itu jelas ‘semangat’ dari tugas yang diberikan. “Instruksi yang dikeluarkan oleh pemerintah, dan semua upaya kami sekarang akan menjadi ini. Jadi, pada dasarnya kita telah bereaksi terhadap kemauan politik. Tetapi kita juga telah menunjukkan bahwa kami mampu melakukan hal-hal seperti ini.”

Stefan Öberg, Wakil Presiden, Saab Dynamics, Kepala Unit Bisnis Rudal, mengatakan kepada IHS Jane bahwa regenerasi kemampuan RBS15 dapat dicapai karena kerjasama yang erat dengan FMV dan angkatan bersenjata Swedia.

Photo : An RBS15 Mk 2 anti-ship missile being fired from a Scania 3 series 8 x 6 mobile coastal defence platform during trials on the Baltic Coast in early 2016. (Swedish Defence Material Administration)

Sumber : IHS Jane

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s