Pilihan Kroasia Jatuh pada Gripen C/ D atau FA-50

fa-50-kai-lci
Pesawat tempur FA-50 (KAI)

Menteri Pertahanan dan Wakil Perdana Menteri Damir Krstičević, Kamis (29/12), sebelum pertemuan kabinet menyatakan Angkatan Udara Kroasia membutuhkan pesawat tempur dan akan diputuskan pada tahun 2017. Ia menekankan bahwa keputusan seperti itu harus dicapai dengan konsensus partai parlemen karena merupakan masalah keamanan nasional, menurut laporan Index.hr pada tanggal 29 Desember 2016.

“Saya percaya bahwa Kroasia perlu kemampuan ini. Kita tidak harus menempatkan diri dalam situasi seperti pada 1990-an ketika kami dilucuti”, kata Krstičević menanggapi pertanyaan wartawan tentang laporan media bahwa tim penasehat di Departemen Pertahanan merekomendasikan Kroasia harus membeli pesawat tempur baru.

Dilansir dari Total Croatia News (29/12), tim merekomendasikan keputusan untuk mempertahankan kekuatan Angkatan Udara harus dilakukan awal tahun depan, sementara keputusan pada pemilihan jenis pesawat yang akan diakuisisi harus dilakukan pada akhir 2017.

“Keputusan akan dibuat selama tahun 2017 dan kita pasti akan mempertimbangkan cara yang terbaik untuk mencapai kapasitas ini”, kata Krstičević. “Kami ingin memasukkan semua pihak di parlemen dan mencari konsensus dalam proses ini, karena ini adalah masalah yang bukan bagian dari partai politik, ini adalah masalah keamanan nasional”, katanya.

Media melaporkan bahwa tim penasehat telah menyatakan bahwa Gripen JAS 39 C / D dari Swedia dan FA-50 dari Korea Selatan adalah pilihan terbaik untuk melengkapi Angkatan Udara. Tim penasihat ahli dibentuk oleh Menteri Pertahanan yang terdiri dari pensiunan jenderal Angkatan Udara Kroasia.

Di sisi lain, Menteri Keuangan Zdravko Marić percaya bahwa tidak perlu terburu-buru dengan akuisisi jet tempur baru. Ia menambahkan bahwa strategi jangka panjang dan rencana pengembangan Angkatan Bersenjata masih perlu dibahas, katanya kepada wartawan.

“Kami tidak perlu terburu-buru terkait masalah ini. Saya berpikir bahwa masih akan ada diskusi tentang strategi jangka panjang untuk Angkatan Bersenjata”, kata Marić kepada wartawan, ketika ditanya tentang rencana pembelian jet tempur baru.

Ditanya apakah ia siap untuk menyerahkan pada “keinginan” dari Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Krstičević “karena tenggang waktu hampir habis”, dia mengatakan bahwa “Anda bisa melihat sekarang, saya tidak menyerahkan masalah ini pada siapa pun “.

Editor : (D.E.S)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s