TNI AL tegaskan punya alutsista dengan jarak tembak 400 KM

kri-oswald-siahaan11
KRI OWA 354 tembakkan Rudal Yakhont (istimewa)

Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) memastikan wilayah Natuna, Kepulauan Riau, dalam keadaan aman, meski sempat terjadi kontak senjata kapal Kementerian Kelautan dan Perikanan dan TNI Angkatan Laut lawan kapal Tiongkok.

TNI AL mengklaim memiliki alutsista canggih yang bisa menjangkau musuh dengan jarak 400 kilometer di tengah laut sehingga tidak perlu berhadapan langsung jarak dekat dengan kapal musuh. “Untuk melakukan penindakan tak perlu sampai berada di anjungan kapal negara lain karena alutsista yang dimiliki TNI AL sudah bisa menjangkau bahkan hingga jarak 400 kilometer,” terang Komandan Gugus Tempur Laut Koarmabar, Laksamana Pertama TNI TSNB Hutabarat di Jakarta.

Menurutnya, hingga saat ini prajurit dan anggota baik yang ada di Lantamal Ranai, maupun personel gabungan TNI AD dan TNI AU yang ada di seputaran Natuna terus melakukan penjagaan dan operasi. “Tidak ada apa-apa. Semua masih under control (di bawah kendali). Operasi yang dilakukan bukan kali ini saja. Sejak dari dulu. Terbukti mereka tidak berani masuk Natuna,” tegas Hutabarat.

Meski demikian, Hutabarat tidak menampik jika insiden kontak senjata di perairan Natuna sempat membuat pejabat negara seperti Menlu, Menhan dan Presiden kecewa atas perilaku Tiongkok.

“Patroli dari Angkatan Laut selalu rutin dilakukan dan penegakan hukum akan dilakukan jika ada negara lain yang coba mengusik Natuna dan perbatasan,” tandas jenderal TNI AL bintang satu itu. *LensaIndonesia*

Advertisements

4 thoughts on “TNI AL tegaskan punya alutsista dengan jarak tembak 400 KM”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s